Analisis Tanggung Jawab Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan dan Laba Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.61132/moneter.v3i1.1145Keywords:
Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG), Firm Value, Financial PerformanceAbstract
Government-regulated Corporate Social Responsibility (CSR) programs are intended to reduce the impact on society and the environment, but CSR cannot be done without the support of good corporate governance (GCG). The purpose of this study is to ascertain and examine previous research on the impact of corporate governance and environmental and social responsibility, or CSR, on corporate value, financial performance, and profits. This research combines qualitative methods with a literature study strategy, which involves using data collected from publications published in national journals to support ideas. Twenty samples of indexed and non-indexed articles were selected by the researchers from Google Scholar. Based on the findings of previous research studies, this study found that the impact of corporate governance (GCG) and corporate social responsibility (CSR) on financial performance and firm value varies. By increasing stakeholder trust, CSR often improves profitability, however, these benefits are not always visible due to high implementation costs. The contribution of corporate governance, including audit committees and independent boards, to business efficiency and transparency varies. Researchers believe that a more thorough study of the impact of GCG and CSR on firm value, financial performance, and profits will be conducted in the future.
Downloads
References
Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, budaya kerja terhadap. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(1), 47–62. https://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/2109/1736
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangat penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Arief, N., & Amir, H. (2019). Pengaruh tata kelola perusahaan terhadap dampaknya pada nilai perusahaan. Sosio E-Kons, 11(3), 249–258.
Astuti, I. N., Mediyanti, S., Eliana, E., & Ridha, A. (2023). Menuju sustainability: Apakah lingkungan, sosial, dan tata kelola berdampak pada kinerja keuangan? Jurnal Akademi Akuntansi, 5(4), 579–594. https://doi.org/10.22219/jaa.v5i4.23017
Azzuhry, M. F., & Prasetyo, A. B. (2023). Pengaruh tanggung jawab sosial dan tata kelola perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel mediasi. Diponegoro Journal of Accounting, 12(3), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
De Lavanda, S. A., & Meiden, C. (2022). Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dan tata kelola perusahaan terhadap kinerja keuangan. Jurnal Akuntansi Dan Governance, 2(2), 94. https://doi.org/10.24853/jago.2.2.94-109
Ghozali, I. (2021). Dampak tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan tata kelola perusahaan (GCG) terhadap kinerja keuangan menggunakan manajemen laba sebagai variabel mediasi (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2019). Diponegoro Journal of Accounting, 10(3), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Juwita, A., & Febriyanti, D. (2021). Pengaruh tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan pada kinerja keuangan dengan manajemen laba sebagai variabel mediasi. Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 1094–1113. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4541/1257
Krisyadi, R., & Elleen, E. (2020). Analisis pengaruh karakteristik perusahaan dan tata kelola perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Global Financial Accounting Journal, 4(1), 16. https://doi.org/10.37253/gfa.v4i1.753
Machmuddah, Z., Syafruddin, M., Muid, D., & Utomo, S. D. (2017). Manajemen laba, pengungkapan lingkungan perusahaan, dan mekanisme tata kelola perusahaan. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 57–72. https://doi.org/10.24815/jdab.v4i1.6559
Monalisa, P., & Serly, V. (2023). Pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan tata kelola perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 5(3), 1272–1289. https://doi.org/10.24036/jea.v5i3.774
Prabantama, H. P., & Parasetya, M. T. (2022). Pengaruh profitabilitas dan tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel intervening: Studi empiris pada perusahaan sektor barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diponegoro Journal of Accounting, 11(4), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Ravitilova, R., Amelia, D., Saputra, I., & Rinda, R. (2023). Forecasting sales: A comprehensive analysis of forecasting techniques for sales budget determination. Jurnal Audit, Pajak, Akuntansi Publik (AJIB), 2(2), 97. https://doi.org/10.32897/ajib.2023.2.2.3217
Sitanggang, R. P., & Ratmono, D. (2019). Pengaruh tata kelola perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan dengan manajemen laba sebagai variabel mediasi. Diponegoro Journal of Accounting, 8(2013), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Solikhah, B., & Winarsih, A. M. (2016). Pengaruh liputan media, kepekaan industri, dan struktur tata kelola perusahaan terhadap kualitas pengungkapan lingkungan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.21002/jaki.2016.01
Sunaryo, B. A., & Mahfud, M. K. (2016). Pengaruh size, profitabilitas, leverage dan umur terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (Studi empiris perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2010–2013). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Suryandari, N. N. A., & Mongan, F. F. A. (2020). Nilai perusahaan ditinjau dari tanggung jawab sosial, tata kelola, dan kesempatan investasi perusahaan. Accounting Profession Journal, 2(2), 94–103. https://doi.org/10.35593/apaji.v2i2.17
Susanto, Y. K., & Joshua, D. (2019). Pengaruh tata kelola perusahaan dan karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 2(4), 572–590. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i4.4036
Sutisna, N. (2020). Pengaruh penerapan tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014–2018. Akuntoteknologi: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Teknologi, 12(1), 1–16.
Widiastuti, H., Utami, E. R., & Handoko, R. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, tipe industri, growth, dan media exposure terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (Studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014–2015). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 107–117. https://doi.org/10.23917/reaksi.v3i2.6745
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moneter : Jurnal Ekonomi dan Keuangan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.