Analisis Bentuk Atap Kanopi Gedung Kedokteran UBB Melalui Pendekatan Geometri Analitik Parabola

Authors

  • Dewi Rana Universitas Bangka Belitung
  • Virgiawan Virgiawan Universitas Bangka Belitung
  • Ananda Dwi Putri Universitas Bangka Belitung
  • Siska Amelia Universitas Bangka Belitung
  • Septiana Nadine Universitas Bangka Belitung
  • Cantia Purnawati Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.61132/moneter.v3i3.1562

Keywords:

Analytical Geometry, Parabola, Canopy

Abstract

A parabola is a curve that consists of points that are equidistant from a fixed point (focus) and a fixed line (directrix). This study aims to analyze the shape of the canopy roof of the UBB Medical Building using an analytical geometry approach on parabolas. The method used is a quantitative descriptive based on visual documentary online and proportional estimates against comparative objects. The parabola model is constructed from three key points and visualized using GeoGebra. The results show that the shape of the canopy can be accurately represented through the equation of a parabola, with a symmetrical and aesthetic structure. This research proves that mathematical concepts can be practically applied in architectural design.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Busyairi, M. Z. (2020). Profil miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika ditinjau dari berbagai representasi pada materi gerak lurus dan gerak parabola. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 6(2), 90–98.

Buhaerah. (2021). Integrasi GeoGebra dalam pembelajaran geometri analitik. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Busrah, Z. (2021). Geometri analitik bidang: Integrasi teori, komputasi Geogebra, dan budaya lokal.

Darmawan, H., & Harefa, T. T. (2020). Pelatihan menendang bola dengan konsep gerak parabola. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pemulang, 1(1), 75–82.

Dinarti, S. (2024). Estetika dan struktur matematis dalam arsitektur lengkung modern. Jurnal Arsitektur dan Peradaban, 9(1), 45–52.

Fadilah, N., & Ramadhani, D. (2022). Implementasi model matematika geometri analitik dalam desain konstruksi bangunan. Jurnal Rekayasa Sipil dan Arsitektur, 14(2), 88–95.

G. A. Pazah, & E. S. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Nearpod untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak parabola. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 55–66.

Hidayah, V. N., & Fadilla, T. (2024). Analisis olahraga tenis meja dengan konsep fisika: Gerakan parabola. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 73–80.

Hidayah, V. N., & Fadilla, T. (2024). Analisis olahraga tenis meja dengan konsep fisika: Gerakan parabola. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 7(1), 217–225.

Khoirunnisa, I., & Lestari, S. (2020). Penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tahfidz dan reguler materi gerak parabola. UPEJ: Unnes Physics Education Journal, 9(2), 110–116.

Lestari, N. (2024). Pemanfaatan GeoGebra dalam analisis kurva parabola pada struktur bangunan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 101–108.

Nurmasyitah, V. N. (2022). Kajian etnofisika konsep gerak parabola pada permainan tradisional Aceh Geulengkue Teu Peu Poe. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 7(2), 245–258.

Pangumbahas, N., & Veronika, J. (2023). Efektivitas model Project Based Learning berbantuan media presentasi pada materi gerak parabola. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 70–75.

Pasandaran, R. F., & Malaihollo, M. (2020). Studi kasus pembelajaran geometri analitik. Pedagogy, 4(1), 91–105.

Prastyo, I. S., & Hidayat, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran dengan Adobe Animate CC pada materi gerak parabola. Jurnal Phenomenon, 10(1), 25–35.

Rahmawati, L. (2023). Penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran kontekstual pada materi parabola. Jurnal Teknologi Pendidikan Matematika, 11(1), 34–41.

Setiawan, A., & Nuraini, H. (2021). Estetika dalam struktur bangunan lengkung berdasarkan kurva parabola. Jurnal Arsitektur & Urbanisme, 7(2), 62–69.

Sidauruk, S. H., & Sembiring, A. (2024). Profil kemampuan interpretasi grafik gerak parabola pada siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(1), 34–40.

Tuhusula, T. S., & Putri, B. P. (2020). Eksperimen menggunakan virtual lab berbasis PhET simulation dalam pembelajaran fisika pada materi gerak parabola. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 128–135.

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Dewi Rana, Virgiawan Virgiawan, Ananda Dwi Putri, Siska Amelia, Septiana Nadine, & Cantia Purnawati. (2025). Analisis Bentuk Atap Kanopi Gedung Kedokteran UBB Melalui Pendekatan Geometri Analitik Parabola. Moneter : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 3(3), 220–236. https://doi.org/10.61132/moneter.v3i3.1562

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.