Peran Media Sosial dalam Strategi Pemasaran Produk UMKM

Authors

  • Ravi Abidan Rosyidi Universitas Al-Falah Assunniyyah
  • M. Dwi Dito Universitas Al-Falah Assunniyyah
  • Achmad Hakiki Universitas Al-Falah Assunniyyah
  • Mahmud Lucky Wibowo Universitas Al-Falah Assunniyyah
  • Fachry Husaini Universitas Al-Falah Assunniyyah
  • Bayu Arie Fianto Universitas Airlangga Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/santri.v3i3.1461

Keywords:

Social Media, MSME Products, Marketing

Abstract

In today's digital era, social media has become one of the most effective marketing tools, especially for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). This study aims to examine the role of social media in MSME product marketing strategies and its impact on increasing visibility and sales. Social media such as Instagram, Facebook, and TikTok provide an affordable and easily accessible platform for MSMEs to build brands, interact directly with consumers, and promote products creatively. This study uses a qualitative approach through in-depth interviews with MSMEs and social media content analysis. The results of the study show that the strategic use of social media can increase the competitiveness of MSMEs, expand market reach, and build stronger relationships with consumers. However, the effectiveness of this strategy is also greatly influenced by consistency, understanding of the target market, and the ability to manage content professionally. Thus, social media has a vital role in supporting the growth and sustainability of MSMEs amidst increasingly competitive market competition.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Baihaqi, M. Yoserizal Saragih, dan Syahrul Abidin. 2023. “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk UMKM ke Masyarakat di Era Digital melalui Media Sosial: Studi Kasus pada UMKM Rumah Mode Aqhita.” Comit: Communication, Information and Technology Journal 2(2):323–34. doi: 10.47467/comit.v2i2.850.

Adam, Anggela Aine, Rudy Steven Wenas, dan Frederik Gerdi Worang. 2022. “Digital Marketing Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Kota Tomohon.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 10(2). doi: 10.35794/emba.v10i2.41411.

Aini, Assuratul, dan Dodi Jaya Wardana. 2022. “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DESA

SEMBAYAT.” Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan (JPML) 1(1):23. doi: 10.30587/jpml.v1i1.4225.

Bachrul Ulum, Mohammad Hasib, Andreas Andrie Djatmiko, Dwi Agustina Rahayu, dan Pangki Suseno. 2023. “Pendampingan UMKM dalam Mengembangkan Strategi Pemasaran Produk pada Media Sosial dan Platform E-Commerce.” JILPI : Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi 1(4):623–34. doi: 10.57248/jilpi.v1i4.205.

Cendana, Maya. 2019. “PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PROMOSI

BAGI KEBERLANGSUNGAN BISNIS UMKM.” Journal Community Development and Society

(1). doi: 10.25139/cds.v1i1.1649.

Daroji, Choirul, Faisa Nurdiantini, Tsamrotul Fuadah, dan Widya Purnama Sari. 2024. “Peran Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Desa Ngunut Parang Magetan (Studi Kasus pada UMKM Cake dan Frozen Food).” Abdimas Indonesian Journal 4(1):203–12. doi: 10.59525/aij.v4i1.380.

Diniati, Anisa, Moch. Armien Syifaa Sutarjo, dan Intan Primasari. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang.” Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3(4):553–61. doi: 10.59395/altifani.v3i4.458.

Endarwati, Esti Tri, Sari Mustika Widyastuti, dan Desfitrina Desfitrina. 2022. “PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN PARA PELAKU

USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 6(3):2164–71. doi: 10.31955/mea.v6i3.2739.

Girsang, Nitasri Murawaty, dan Wahyu Nova Riski. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM di Sumatera Barat.” Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry 2(1):1. doi: 10.26887/jtsti.v2i1.3732.

Hasan, Samsurijal. 2021. “Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Kuliner Kota Bangkinang, Provinsi Riau).” INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi 2(1):30–40. doi: 10.55583/invest.v2i1.121.

Hulu, Marzan Sutrisman, dan Iwan Tantowi. 2023. “Pengaruh Media Sosial Dan Persepsi Merek Terhadap Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Pelaku UMKM Cibubur Jakarta Timur).” JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 4(3):241–52. doi: 10.36418/syntax-imperatif.v4i3.246.

Hurriyaturrohman, Hurriyaturrohman, dan Denia Maulani. 2020. “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI DAN NILAI JUAL PRODUK

UMKM TAS DI KOTA BOGOR.” Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 15(2):72–80. doi: 10.32832/neraca.v15i2.3813.

Ida Ayu Etsa Pracintya, Retno Juwita Sari, dan I Made Trisna Semara. 2024. “PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM UNGGULAN DI DESA WISATA AAN, KLUNGKUNG.” Sewagati 3(1):67–72. doi:

59819/sewagati.v3i1.3844.

Kadiyono, Anissa, Yus Nugraha, Lilis Surwangi, Muhammad Imam, Fildzah Ghassani, Arwen Angelica, Raina Fathia, dan Muhammad Gasman. 2024. “PELATIHAN OPTIMASI PLATFORM SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI DUSUN SUKANEGLA, DESA MEKARSARI.” Jurnal Abdi Insani 11(2):1446–56. doi:

29303/abdiinsani.v11i2.1543.

Kurniawati, Ika, Heriyanto Heriyanto, Fachri Amsury, dan Muhammad Rizki Fahdia. 2022. “Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Desain sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Branding Produk dan Pendapatan Pada UMKM Koperasi Wanita ATSIRI.” Dedikasi:Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2(2):115–21. doi: 10.31479/dedikasi.v2i2.154.

Maria Nila Anggia dan Muhammad Rifki Shihab. 2019. “STRATEGI MEDIA SOSIAL UNTUK PENGEMBANGAN UMKM.” Jurnal Terapan Teknologi Informasi 2(2):159–70. doi: 10.21460/jutei.2018.22.125.

Maulida Sari, Cut Devi, dan Rusma Setiyana. 2020. “Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar 2(1):63. doi: 10.35308/baktiku.v2i1.2050.

Nadya, Syafa Nadya, Isroatul Barokah, dan Ahmad Sarofi. 2024. “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI MARKETING UMKM DI ERA DIGITAL.” JURNAL

DIALOKA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Islam 3(1):1–14. doi: 10.32923/dla.v3i1.4474.

Nurhayati, Neni. 2021. “Penguatan UMKM Melalui Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk Handcraft Desa Babakanmulya Kuningan Jabar.” International Journal of Public Devotion 3(2):44. doi: 10.26737/ijpd.v3i2.2095.

Permadi, Ricky Noor. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM.” Avant Garde 10(1):15. doi: 10.36080/ag.v10i1.1695.

Prasetya, Adhitya Yoga, Sugiharti Sugiharti, dan Zati Rizka Fadhila. 2021. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja.” BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 3(1). doi: 10.29040/budimas.v3i1.1628.

Pristalisa, Mendi Endritha, Poppy Febriana, dan Ainur Rochmaniah. 2023. “Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Upaya Promosi Produk UMKM Desa Balongdowo: Social Media Management Training as an Effort to Promote MSME Products in Balongdowo Village.” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 8(6):934–40. doi: 10.33084/pengabdianmu.v8i6.5500.

Purbasari, Verbena Ayuningsih, Al Fina Rizky Fadhilah Fina, dan Fitri Nur Chasanah. 2023. “SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI MEDIA SOSIAL DI

DESA NGLONING PONOROGO.” Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3(2):55–61. doi: 10.35814/abdi.v3i2.5567.

Puspita, Dian, Leni Anggraeni, Andri Ardiansyah, Danny Rahmatullah, Miftahurrofiq Asid-Qi, Komariyah, dan Khoirul Asrori. 2023. “Sosialisasi Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Sosial bagi Pelaku UMKM.” Journal Of Indonesian Social Society (JISS) 1(1):07–10. doi: 10.59435/jiss.v1i1.20.

Rahmah, Zakiyah Zulfa, Yusriyah Rahmah, Chamdan Purnama, Dinda Fatmah, dan Mirhamida Rahmah. 2022. “Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto).” BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 4(1). doi: 10.29040/budimas.v4i1.3081.

Ranti Eka Putri, M. Wasito, dan Ayu Nadia Lestari. 2023. “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai.” JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 4(3):667–75. doi: 10.37339/jurpikat.v4i3.1550.

Riwoe, Febry Lodwyk Rihe, dan Mumuh Mulyana. 2022. “Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor.” Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan 3(1):25–32. doi: 10.37641/jadkes.v3i1.1389.

Safitri, Dini, dan Nada Arina Romli. 2023. “Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk UMKM Jatinegara Kaum.” Jurnal Abdimas Perbanas 4(2):38–45. doi: 10.56174/jap.v4i2.532.

Sari, Ade Risna, Rika Lidyah, Nurhijrah, Desi Kristanti, dan Yudi Agusman. 2023. “SOCIAL MARKETING PROJECT PEMASARAN PRODUK UMKM PENJAHIT RUMAHAN

MELALUI MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE.” Jurnal Pengabdian West Science

(02):179–84. doi: 10.58812/jpws.v2i02.234.

Sari, Ardilla Khusliana, dan M. Sulhan. 2024. “Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi, branding pada produk UMKM olahan pisang dan olahan susu.” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 4(4):875–83. doi: 10.33474/jp2m.v4i4.21185.

Surenggono, Surenggono, Atty Erdiana, dan Siti Djamilah. 2021. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 4(1):26. doi: 10.32493/j.pdl.v4i1.13178.

Taufik, Taufik, Pamuji Setiawan, Yuri Fitrian, Eko Hendrawan, Sucipto Sucipto, dan Anggi Andriyadi. 2023. “PENYULUHAN PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA UNTUK PEMASARAN PRODUK UMKM DI MASA ERA DIGITALISASI.” J-ABDI: Jurnal

Pengabdian kepada Masyarakat 3(3):523–28. doi: 10.53625/jabdi.v3i3.6269.

Vernia, Dellia Mila. 2017. “Peranan Pendidikan dan Pelatihan Media Sosial dalam Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).” Lectura : Jurnal Pendidikan 8(2). doi: 10.31849/lectura.v8i2.358.

Werdani, Riandhita Eri, Nurul Imani Kurniawati, Johan Bhimo Sukoco, Anafil Windriya, dan Dian Iskandar. 2020. “Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media.” JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) 4(1):1. doi: 10.30595/jppm.v4i1.4655.

Zagoto, Yusmelinda, Mutia Tri Yuliyati, Rizky Pambudi, Muhammad Cikdan, dan Mukadi Mukadi. 2022. “Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi.” Jurnal Peradaban Masyarakat 2(1):37–40. doi: 10.55182/jpm.v2i1.117.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Ravi Abidan Rosyidi, M. Dwi Dito, Achmad Hakiki, Mahmud Lucky Wibowo, Fachry Husaini, & Bayu Arie Fianto. (2025). Peran Media Sosial dalam Strategi Pemasaran Produk UMKM. SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 3(3), 113–128. https://doi.org/10.61132/santri.v3i3.1461