Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

Authors

  • Muhammad Imron Hamzah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.61132/anggaran.v1i3.386

Keywords:

Work Discipline, Quality of Public Servants, Community Satisfaction

Abstract

This research aims to find out whether work discipline and quality of public services influence public satisfaction at the Bungah sub-district office, Gresik district. This research uses primary data by distributing questionnaires to all employees. The population used is people who provide services at the Bungah sub-district office. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results obtained are that work discipline has a positive and significant effect on community satisfaction at the Bungah sub-district office, Gresik district. and service quality has a positive and significant effect on community satisfaction at the Bungah District office, Gresik Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, T., dan F. Tantri. 2019. Manajemen Pemasaran. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Agustini, Fauzia. 2019. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.

Agustini, N. K. I., & Dewi, A. S. K. (2019). Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Produktivitas Karyawan. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 231-258.

Albab, 2022. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bm Motor Soppeng.

Alfiah, D. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Tetap. Semarang.

Apriliani, Wibowo. 2021. Effect Of Work Discipline And Communication On Employee Performance At Santika Premiere Hotel Semarang. Brilliant International Journal Of Management And Tourism (Vol. 1 No. 3 Oktober 2021).

Ardana, I. K., Mujiati, N. I., & Utama, I. W. M. U. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Garaha Ilmu. Yogyakarta

Arifiani, Wahyono. 2018. Pengaruh Kompetensi Pegawai, Koleksi, Tata Ruang Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka Melalui Kualitas Pelayanan Sebagai Mediator. Economic Education Analysis Journal 7 (1) (2018)

Barata, Atep,. Adya. 2018. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo. Boediono, Bascara. 2017. Pelayanan Prima Perpajakan. Rineke Cipta.

Chairani. 2020. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Unit Pelaksana Teknis Badan Pendapatan Daerah Palembang. repository.univ-tridinanti.ac.id.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: GUEPEDIA.

Edy Sutrisno, 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak ke sebelas. Prananda Media Group, Jakarta.

Fauzi, dkk. 2022. The Effect Of Work Discipline And Work Ethos On The Quality Of Services At The Center Of Agricultural Quarantine Tanjung Priok Ministry Of Agriculture. ICCD (International Conference on Community Development), 4 (1), 2022, 119-127.

Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 82-93.

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (edisi revisi). Yogyakarta : Gava Media.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu SP. 2017. “Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesembilan.” Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indonesia, Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Indonesia, Presiden Republik. “PerMen PAN-RB No. 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja”

Indonesia. 2017. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17

Irawan, H. (2012). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kasmir. (2017). Etika Customer Service. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Khadafi, Djaelani, Farida. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. (E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen)

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Muafatuni, dkk. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada Kantor Balai Desa Cimohong). JIMAK Vol 1 No. 3 September 2022.

Nasution. (2015). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ningsih, dkk. 2022. Pengaruh Etika Kerja, Profesionalisme Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. e – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen.

Nurhidayat dan Efendi. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik, Responsivitas dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Balai Desa Purwosari Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo”. Journal of Economic, Business and Enginering (JEBE) Vol. 2, No. 2.

Pasolong, H. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Putra. 2021. Effect of Employee Competence, Employee Discipline, and Service Quality on Customer Satisfaction in Public Services Mall (MPP) Bekasi. Quest Journals Journal of Research in Business and Management Volume 9 ~ Issue 8 (2021) pp: 53-61.

Rahmayanty, N. (2018). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saefullah. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan.

Sani, A. & Vivin.M. (2017).Metode Penelitian Sumber Daya Manusia Teori, Kuesioner, dan Analisis Data. Malang: UIN-Malang Press.

Sanjaya, Hamdani. “Ghozali, I.(2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.”

Siagian, Sondang P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima belas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Simatupang, J. H., Pabalik, D., & Nurchasanah, S. (2019). Peranan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Efektifitas Pelayanan Masyarakat Di Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 44-51.

Sinambela, Poltak. 2019. Manajemen kinerja : pengelolaan, pengukuran, dan implikasi kinerja. Cetakan ke-1, Januari 2019. PT Rajagrafindo Persada.

Sofyan, Siregar Ir. 2016. “Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17, Ed. I.” Cet. II.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung : Alfabeta, 2015.

Sukma, Hidayati. 2022. The Effect of Work Discipline, Motivation, and Work Experience on Employee Performance at PT. Indomarco Adi Prima Gresik. Universitas Muhammadiyah Gresik Social Science and Humanities Internasional Conference (2nd UMGCINMATIC).

Suparman. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Desa Bantarsari Kabupaten Sukabumi. Jurnal Mahasiswa Manajemen, Volume 1 No.2 (Agustus 2020).

Sutrisno, Edy. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia.”Kamus Besar Bahasa Indonesia, (KBBI, p 281).

Sutrisno, Sutrisno. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah 44 Pamulang.” JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia) 3(1): 58–73.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra. 2016. “Service, Quality & Satisfaction Edisi 3.” Yogyakarta: Andi 1.

Umar, Husein. 2018. “Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis.” Jakarta: Rajawali 42.

Wau dkk. 2021. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Somambawa Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiwa Nias Selatan Volume 4, Nomor 2, Juli 2021, Hal. 203-212

Widoyoko, Eko Putro. 2016. “Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarsih, R. d. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zeithaml. V. A. dan M..J.Bitner. 2019. Service Marketing. Mc.Ggraw-Hill Co. Inc. New York

Zidan, Sang, Aviantono. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Perangkat Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Muara Bakti Kabupaten Bekasi. Al-Misbah Volume 3 No. 1 2022. https://www.gresikkab.go.id/profil/kecamatan-bungah.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Muhammad Imron Hamzah. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Anggaran : Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 11–24. https://doi.org/10.61132/anggaran.v1i3.386