Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal

(Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman Periode 2019-2022)

Authors

  • Raisa Raisa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cahyadi Husadha Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Elia Rossa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.61132/anggaran.v2i1.409

Keywords:

Company Size, Asset Structure, Sales Growth, Capital Structure

Abstract

This research aims to analyze and test the influence of company size, asset structure and sales growth on capital structure. This research method uses a quantitative type of research. The data used in this research is secondary data in the form of company annual financial reports obtained through the official website of the Indonesia Stock Exchange. The sampling technique used was purposive sampling so that 32 companies were obtained from 84 companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) and the number of observations was 128 sample data. Data processing in this research uses Eviews 12 software. The results of this research show that company size has a significant effect on capital structure, asset structure has no significant effect on capital structure, and sales growth has a significant effect on capital structure.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, Hesty Ervianni Zulaecha, Hamdani, H., & Sriyanto, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Akuntansi, 1(4), 28–38. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i4.109

Hamzah, E. I. (2021). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR AKTIVA DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 54–78. https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i1.52.54-78

Husadha, C., Hasanudin, A., Hanifah, I., & Uzliawati, L. (2023). Net Sales and Net Expenses Mediated with Prepaid Expenses for Net Profits in Food and Beverages Companies in Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2022.2329729

Hutabarat, M. I. (2022). Pengaruh ROA, Pertumbuhan Penjualan, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman di BEI. Owner, 6(1), 348–358. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.589

Jalil, M. (2018). Pengaruh Risiko Bisnis dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 1–10.

Khairusy, M. A., Nugraha, N., Johan, A., & Mayasari, M. (2022). Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 117–128. https://doi.org/10.47080/progress.v5i1.1622

Komariah, N., & Nururahmatiah, N. (2020). Pengaruh Struktur Aktiva Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 112. https://doi.org/10.32502/jab.v5i2.2826

Lasut, S. J. ., Rate, P. Van, & Ch., R. M. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan otomotif yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2012-2015. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 11–21.

Machdar, N. M. (2018). KINERJA KEUANGAN , KINERJA SAHAM DAN STRUKTUR. 18(2), 135–152.

Meisyta, E. D., Yusuf, A. A., & Martika, L. D. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Moda lPada Perusahaan Manufaktur. Management Dan Bisnis, 7(2), 83–91.

Melodie, N., & Ruslim, H. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(2), 297. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i2.5090

Novyarni, N., & Wati, L. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2015. Jurnal STEI Ekonomi, 27(02), 253–285. https://doi.org/10.36406/jemi.v27i02.154

Paramitha, N. N., & Wijana Asmara Putra, I. N. (2020). Pengaruh Struktur Aktiva, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Akuntansi, 30(11), 2753. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i11.p04

Prastika, N. P. Y., & Candradewi, M. R. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Subsektor Konstruksi Bangunan Di Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(7), 4444. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i07.p16

Putu, N., Septiani, N., Ngurah, I. G., Suaryana, A., Putu, N., Septiani, N., Gusti, I., Agung, N., & Pengaruh, S. (2018). ISSN : 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Pengaruh Profitabilitas , Ukuran Perusahaan , Struktur Aset , Risiko Bisnis dan Likuiditas pada Struktur Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia email : nitas. 22, 1682–1710.

Rahayu, N. P., & Prijati. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(2), 1–19.

Rahmiyati, N., Mulatsih, L. S., Alfiana, A., Afriyeni, P., & Wibowo, T. S. (2023). The Effect of Firm Size and Sales Growth on Profitability Mediated by Capital Structure. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 105–114. https://doi.org/10.56457/jimk.v11i1.328

Renalya, R., & Purwasih, D. (2022). Pengaruh Struktur Aktiva Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(1), 331–344. https://doi.org/10.46306/rev.v3i1.146

Ridwan, M., & Diyani, L. A. (2018). Pengaruh rasio keuangan dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham. Kalbi Socio Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 5(1), 1–7.

Situmeang, R. R., Indonesia, U. P., & Perusahaan, U. (2019). Pengaruh Likuiditas , Ukuran Perusahaan , Pertumbuhan Penjualan , dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2014. 04(May), 139–150.

Downloads

Published

2024-02-09

How to Cite

Raisa Raisa, Cahyadi Husadha, & Elia Rossa. (2024). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal: (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman Periode 2019-2022). Anggaran : Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 344–353. https://doi.org/10.61132/anggaran.v2i1.409