Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Kepemilikan Institusional terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility
(Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2023)
DOI:
https://doi.org/10.61132/anggaran.v2i3.843Keywords:
Profitability, Leverage, Liquidity, Institutional Ownership, Corporate Social ResponsibilityAbstract
The purpose of the research is to find the influence of variables Profitability, Leverage, Liquidity and Institutional Ownership on Corporate Social Responsibility Disclosure. The sample in this study includes 33 companies sub-sector food and beverage listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) in the period 2019-2023. The sampling technique used purposive sampling method and obtained 165 sample data from 33 companies. The analytical tool used is multiple linear regression analysis using the Statistical Prosuct and Service Solution (SPSS) Version 22 program. The result of this study indicate that Profitability has a significant possitive effect on Corporate Social Responsibility Disclosure, Leverage have no significant effect on Corporate Social Responsibility Disclosure, Liquidity have no significant effect on Corporate Social Responsibility Disclosure and Institutional Ownership has a significant possitive effect on Corporate Social Responsibility Disclosure.
Downloads
References
Ahmadi, M. K., Dastgir, M., & Ahmadi, S. A. (2022). Examining the relationship between size of the company, ownership structure, and corporate governance with corporate social responsibility disclosure in Iran. Iranian Journal of Finance. https://doi.org/10.30699/ijf.2022.281588.1220
Akbar, F., & Fahmi, I. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 62–81. http://jim.unsyiah.ac.id/ekm
Aliyah, B. J., & Hermanto, S. B. (2020). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9(11).
Aminah, S., & Udhma, H. (2022). Pengaruh kepemilikan asing, leverage dan status perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Jurnal Akuntansi dan Teknologi Keuangan, 1(1), 1–10. https://ejurnal.bangunharapanbangsa.com/index.php/atk
Amirudin, A. (2022). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan likuiditas terhadap struktur modal (Studi empiris pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020). STIE Indonesia Jakarta.
Anam, H. (2021). Pengaruh penerapan green accounting, kinerja lingkungan, dan kepemilikan asing terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada entitas manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Geoekonomi ISSN-Elektronik, 12(01). https://doi.org/10.36277/geoekonomi
Astuti, D. W. (2019). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial. Akuntansi Dewantara, 3(2). https://doi.org/10.26460/ad.v3i2.5287
Bambang Sudaryana, D., Ak, M., & Agusiady, S. E. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Deepublish.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2006). Dasar-dasar manajemen keuangan.
Cahya, K. D., & Riwoe, J. (2018). Pengaruh ROA dan ROE terhadap nilai perusahaan dengan sustainability reporting sebagai variabel intervening pada perusahaan yang terdaftar di LQ 45. Journal of Accounting and Business Studies, 3(1).
Damayanti, P., Prihanto, H., & Fairuzzaman. (2021). Pengaruh good corporate governance, kepemilikan saham publik dan profitabilitas terhadap tingkat pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7(2), 94–104.
Darmanah, G. (2019). Metodologi penelitian. CV. Hira Tech.
Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6099–6118. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i10.p12
Dewi, N. P. D. P., & Budiasih, I. A. G. N. (2022). Pengaruh kinerja lingkungan pada pengungkapan corporate social responsibility. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 11(10), 1194–1200. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/index
Dewi, Y. S., & Subardjo, A. (2020). Pengaruh corporate social responsibility, mekanisme good corporate governance dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9(11).
Dipasti, V. A., & Sulistyowati, E. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan likuiditas terhadap CSR disclosure. Journal of Economics and Business, 6(2). https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.544
Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational legitimacy: Social values and organizational behavior. Pacific Sociological Review, 18(1), 122-136.
Fatmawati, C. A., & Asyik, N. (2020). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. 3(1), 68–87. https://doi.org/10.35129/ajar.v3i01.104
Fauziah, I., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.
Fernandes, & Wijaya, H. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2(1), 205–214.
Ghozali. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit.
Hardani, N. H. A., & Auliya, H. A. (2020). Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif (Issue April).
Hasanah, S. A. P. (2019). Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Publikasi Ilmiah Akuntansi, 1(1), 1282–1292.
Hatch, M. J., & Farhady, C. (1981). Metode penelitian survey. LP3ES & Anggota IKAPI.
Hery. (2018). Analisis laporan keuangan (Integrated; Adipramono, Ed.). PT Grasindo.
Kasmir. (2017). Analisis laporan keuangan. Rajawali Pers.
Kasmir. (2018). Analisis laporan keuangan. Rajawali Pers.
Kemenperin. (2023). Kementerian Perindustrian mendorong upaya ekspansi industri makanan minuman (Mamin) ke pasar global. https://www.kemenperin.go.id/
Khodijah, S., & Huda, S. (2023). Pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 138-147.
Kholis, A. (2020). Corporate social responsibility: Konsep dan implementasi.
Khuzania, D. (2021). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, tipe industri dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Muchtar, E. H. (2021). Corporate governance: Konsep dan implementasinya pada emiten saham syariah (C. A. Abimata, Ed.).
Muslih. (2019). Pengaruh perputaran kas dan likuiditas (current ratio) terhadap profitabilitas (return on asset). Jurnal Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(1), 47–59. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna
Nauval, G. P., & Hartono, U. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan sektor infrastruktur, utilities dan transportation periode 2013-2017. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(4).
Permadiswara, K. Y., & Sujana, K. (2018). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajemen dan media exposure pada pengungkapan corporate social responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 25(1), 690–716. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i01.p26
Pramita, I. G. A. P. I. N., & Ariyanto, D. (2024). Pengaruh struktur kepemilikan saham, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 444–456. https://doi.org/10.5281/zenodo.10526487
Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N., & Muniarty, P. (2020). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Riset & Jurnal Akuntansi, 4(1).
Priyatno, D. (2022). Olah data sendiri: Analisis regresi linier dengan SPSS dan analisis regresi data panel dengan EViews. Cahaya Harapan. https://books.google.co.id/books?id=IseyeAAQBAJ&lpg=PP1&ots=KbvPqwvxIy&dq=Statistik%20Deskriptif%20Untuk%20Penelitian%20Olah%20Data%20Manual%20Dan%20SPSS&lr&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q&f=false
Puspita, G., Amrullah, I., & Tridiyana, Y. (2022). Pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Vol 1(1).
Rahmah, N. Z. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, profitabilitas, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (Studi empiris perusahaan manufaktur di BEI periode 2017-2019). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rivandi, M. (2021). Pengaruh struktur kepemilikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, dan Keuangan Publik, 16(1), 21–40. https://doi.org/10.25105/jipak.v16i1.6439
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif: Penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan, dan eksperimen. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=W2vxdwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=ZgWm9wc9LY&dq=Riyanto,%20S.%20%26%20Hatmawan,%20A.%20(2020).%20Metode%20Riset%20Penelitian%20Kuantitatif:%20Penelitian%20Di%20Bidang%20Manajemen,%20Teknik,%20Pendidikan%20Dan%20Eksperimen.%20Deepublish.&lr&hl=id&pg=PR4
Santoso, A. G., & Dillak, V. J. (2019). Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan pengungkapan media terhadap pengungkapan corporate social responsibility (Studi empiris pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017). E-Proceeding of Management, 6(2), 3535.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.
Sembiring, S., & Trisnawati, I. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 21(1), 173–184. http://jurnaltsm.id/index.php/jba
Shafira, R. N. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan dan corporate governance terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). (Studi empiris pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2019). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Simamora, B. L., & Herawaty, V. (2019). Perusahaan yang memiliki rasio leverage tinggi akan lebih sedikit mengungkapkan CSR supaya dapat melaporkan laba sekarang yang lebih tinggi. Seminar Nasional Cendekiawan ke-5 Tahun 2019.
Sofiani, L., & Siregar, E. M. (2022). Analisis pengaruh ROA, CR dan DAR terhadap nilai perusahaan sektor makanan dan minuman. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1183
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumardewi, N. K. Y., & Saputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8(6), 567–593.
Tangerang, M. (2021). Warga keluhkan limbah pabrik PT. Mayora ke Sungai Kunir. https://monitortangerang.com/warga-keluhkan-limbah-pabrik-pt-mayora-ke-sungai-kunir/
Teng, S. H., Cahyani, A., Isabella, S. O., & Aisyah, F. E. (2022). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2). https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.768
Wada, L., & Nurhayati. (2023). Analisis perbandingan return on equity (ROE) dan debt to equity ratio (DER) pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk dengan PT. Ultra Jaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. Journal of Social Science Research, 3(3), 8421–8429. https://j-innovative.org/index.php/innovative
Wahyuni, M. (2020). Statistik deskriptif untuk penelitian olah data manual dan SPSS versi 25. Bintang Pustaka Madani.
Wilangga, I. D. (2020). The effect of company profitability, firm size, and leverage on corporate social responsibility disclosure.
Yanti, N. L. E. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kepemilikan institusional, leverage, dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Kharisma, 3(1).
Yassmien, S., & Muslih, M. (2020). Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility (Studi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2018). E-Proceeding of Management, 7(2), 3175.
Yovana, D. G., & Kadir, A. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 21(1).
Yuanita, R., & Muslih, M. (2019). Pengaruh profitabilitas, leverage dan slack resources (CSR), terhadap pengungkapan corporate social responsibility tahun, (Studi kasus pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI). E-Proceeding of Management, 6(3), 5784.
Yusuf, M., Siswanti, T., Ramadhan, Z., Priantono, S., Afrina, D. S. D., Oktapiani, M., Tjahyadi, I., & Septiani, D. (2022). The effect of ownership structure and ISO 14001 certification on corporate social responsibility disclosure with company size as a moderating variable. Central European Management Journal, 30(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggaran : Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.