Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumen dalam Pembelian Online di Kalangan Generasi Z pada Platform E-Commerce Shopee
DOI:
https://doi.org/10.61132/menawan.v3i4.1668Keywords:
Social media, Generation Z consumer behavior, online purchasing, E-commerce, ShopeeAbstract
This study aims to analyze the influence of social media on consumer behavior in online purchases among Generation Z, focusing on the Shopee e-commerce platform. Generation Z, which is the age group born between 1997 and 2012, is known to be an active social media user, which influences their purchasing decisions. Through a survey conducted on Shopee users from Generation Z, this study identified factors that influence consumer behavior, including the influence of advertising, product reviews, and interactions with influencers on social media. The results of the study show that social media plays a significant role in shaping the preferences and purchasing decisions of Generation Z. Interesting advertisements and positive reviews from other users on social media can increase purchasing interest, while interactions with influencers can provide additional trust in the products offered. This study provides important insights for marketers to design effective and relevant marketing strategies with Generation Z consumer behavior in the digital era.
Downloads
References
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis Livewire pada mata pelajaran teknik listrik kelas X jurusan audio video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1).
Adha, S., Fahlevi, M., Rita, R., Rabiah, A. S., & Parashakti, R. D. (2020). Pengaruh sosial media influencer terhadap minat kerja antar brand. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 127–130.
Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh media sosial terhadap impulse buying pada generasi milenial. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), 2, 428–433.
Andry, J. F., & Susanto, F. M. (2023). Analisis deskriptif perilaku konsumen Shopee: Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Technology and Informatics (JoTI), 4(2), 63–68.
Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis faktor stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian online produk fashion pada generasi Z. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), 2, 434–440.
Asih, E. M. (2024). Analisis pada Shopee sebagai e-commerce terpopuler di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 2(1), 73–79.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157.
Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS: Uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F, R². Guepedia.
Dewi, R. K., & Mulyadi, D. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada platform Shopee. Madani: Jurnal Ilmiah, 1(5), 852–857.
Dzakiyyah, B. H., Putri, K. D., Salsabila, N. Y., Rafania, T. A., & Prawira, I. F. A. (2023). Pemanfaatan big data untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Shopee. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(5), 10441–10455.
Hasanah, M., & Jayanti, R. (2024). Tinjauan pengaruh platform e-commerce Shopee terhadap pertumbuhan ekonomi syariah: Studi kasus di Indonesia. Islamic Education, 3(2), 450–465.
Hasdiansa, I. W., Hasbiah, S., & Aswar, N. F. (2023). Pengaruh media sosial terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan generasi milenial dan generasi Z. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(1), 49–60.
Hermawan, D. J. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli online. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(2), 100–110.
Hidayah, A. R., Venata, A. F., & Wulandari, B. I. (2022). Minat generasi Z terhadap belanja online di Dusun Banjarejo Kabupaten Kediri. Dalam Prosiding Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Sosial (SNIIS), 1, 23–31.
Hidayat, S., Suryantoro, H., & Wiratama, J. (2017). Pengaruh media sosial Facebook terhadap perkembangan e-commerce di Indonesia. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), 415–420.
Indriartiningtias, R., Subagyo, S., & Hartono, B. (2018). Proses translasi rancangan kuesioner kreativitas organisasi dengan metode back-translation. Dalam Ind Eng Natl Conf (IENACO), 6(6), 457–461.
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. [Jenis publikasi tidak disebutkan].
Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26.
Kotler, P., Maulana, A., Sabran, B., Barnadi, D., Hardani, W., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, p. 345). Erlangga.
Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385.
Mauludin, M. S. (2022). Analisis perilaku konsumen dalam transaksi di e-commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 108–123.
Mokoginta, S. C. (2024). Dampak media sosial terhadap perilaku konsumen dalam pembelian produk fashion online di Kota Kotamobagu. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 14(4), 621–631.
Muslimin, I., Arsyadana, A., & Bimasbuqin, H. A. (2023). Perencanaan pengembangan kurikulum berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 134–143.
Okonkwo, K. (2024). Using artificial intelligence (AI) to manage buyer persona in e-commerce based on Kotler & Keller’s 2019 model of consumer behaviour: Studying consumer behaviour in e-commerce through archival research based on secondary data in form of relevant publications. [Jenis publikasi tidak disebutkan].
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Sarana Bandar Logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75–82.
Prastowo, S. L., Djaenudin, E. M., & Apiyanti, N. V. (2023). Pengaruh e-promotion, pelayanan, kemudahan, e-WOM terhadap keputusan pembelian melalui perilaku konsumen pada marketplace Lazada. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 7(1), 130–141.
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.
Purwanti, S. M., & Sugiyarti, L. (2017). Pengaruh intensitas aset tetap, pertumbuhan penjualan dan koneksi politik terhadap tax avoidance (Studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012–2016). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(3), 1625–1642.
Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian melalui e-commerce Shopee. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 8(2), 69–77.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Ks, 3(1).
Regina, T. (2024). Dampak media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen generasi Z. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi dan Bisnis, 13(1), 50–57.
Rembulan, N. D. R., & Firmansyah, E. A. (2020). Perilaku konsumen Muslim generasi Z dalam pengadopsian dompet digital. Valid: Jurnal Ilmiah, 17(2), 111–128.
Sakina, E. P., Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. (2024). Distribusi binomial: Analisis kepuasan generasi Z dengan layanan e-commerce Shopee. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 3(4), 383–392.
Setiawan, A. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menggunakan informasi akuntansi. Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis, 2(1), 93–103.
Shafwah, A. D., Fauzi, A., Yulius Caesar, L. A., Octavia, A., Indrajaya, B. L., Endraswari, J. I., & Yulia, M. N. (2024). Pengaruh pemasaran digital dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada produk skincare di e-commerce Shopee: Literature review manajemen pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 5(3).
Silawati, R., & Siregar, S. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian fashion pada Shopee di Karawang. Jurnal Perspektif, 22(2), 40–47.
Sugiyono, F. X. (2017). Neraca pembayaran: Konsep, metodologi dan penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Sullivan, W. F., Diepstra, H., Heng, J., Ally, S., Bradley, E., Casson, I., ... & Witherbee, S. (2018). Primary care of adults with intellectual and developmental disabilities: 2018 Canadian consensus guidelines. Canadian Family Physician, 64(4), 254–279.
Sunyoto, D., & Saksono, Y. (2022). Perilaku konsumen. [Penerbit tidak disebutkan].
Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach's alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53.
Utari, P. D. (2021). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan digital marketing terhadap minat beli ulang konsumen pada UMKM Tamu Model Bali (Disertasi, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MENAWAN : Jurnal Riset dan Publikasi Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



