Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian

Survei pada Beli Kopi Surakarta

Authors

  • Tiariesta Khansa Tsabita Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sumaryanto Sumaryanto Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61132/menawan.v2i4.749

Keywords:

Taste, Price and Service Quality, Purchasing Decisions

Abstract

This study aims to analyze the effect of taste, price, and service quality on purchasing decisions for buy coffee products in Surakarta. This research is a survey of buy coffee consumers in Surakarta. This study used a sample of 100 people with this sampling technique using accidental sampling technique, which means that the sampling method is accidental (accidental) by taking cases or respondents who happen to be there or available somewhere in accordance with the research context. Data collection techniques using literature studies. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis methods, t test, f test, and determination test. The results showed that taste affects the decision to buy coffee products, price affects the decision to buy coffee products, and service quality affects the decision to buy coffee products.

 

References

Alma, B. (2020). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Anonim. (2016). Pedoman penyusunan usulan penelitian dan skripsi Fakultas Ekonomi (Edisi Revisi Ketujuh). Surakarta: FE-UNISRI.

Arikunto, S. (2020). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, S. (2020). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aziz, U. (2020). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Danang Sunyoto. (2019). Dasar-dasar manajemen pemasaran: Konsep, strategi, dan kasus (Edisi ke-3). Jakarta: PT. Buku Seru.

Deona, M. F. A., Kasim, A., Bessie, J. L., & Jati, H. (n.d.). The influence of product quality and price on the purchase decision of Kobba Coffee brand.

Dilasari, E. M., & Yosita, G. (2022). Pengaruh cita rasa dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 25-40.

Drummond, K. E., & Brefere, L. M. (2020). Nutrition for foodservice and culinary professionals. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Garrow, J. (2021). Pengaruh cita rasa dan promosi terhadap keputusan pembelian Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(4), 124.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiansyah. (2020). Kualitas pelayanan publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media.

Hasan, S. W., Nur, Y., & Bahasoan, S. (2023). Pengaruh cita rasa dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada roti bakar Yappay di Sungguminasa. Nobel Management Review, 4(1), 131-141.

Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di kedai kopi BE Kalirejo. *Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 51-60.

Kasmir. (2020). Pengantar bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir. (2021). Customer service excellent: Teori dan praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen pemasaran (Jilid 1, Edisi ke-12). Jakarta: Indeks Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen pemasaran (Jilid 1, Edisi ke-13). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Prinsip-prinsip manajemen pemasaran (Jilid 1 Ed.). Jakarta: Erlangga.

Laksana, M. F. (2019). Praktis memahami manajemen pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Nisa, K. (2022). Pengaruh persepsi harga, citra merek, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi produk kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 44-57.

Nurcahyani, I. P., & Soejarminto, Y. (2023). Pengaruh cita rasa, harga produk, dan promosi penjualan sosial media terhadap keputusan pembelian kopi Janji Jiwa di Cikarang Selatan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 1090-1095.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2020). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (Edisi ke-9, D. T. Dwiandani, Trans.). Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2020). Consumer behaviour. London: Pearson.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanti, R. (2022). Pengaruh cita rasa, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di kedai kopi Sharing Karanganyar. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 22(03).

Swastha, B. (2020). Manajemen pemasaran (Edisi ke-2). Jakarta: Liberty.

Tama, M. Y., & Cahyono, K. E. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Coffee Shop Pesen Kopi Cabang Ketabang Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(2).

Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Triwijayanti, K., & Yulianto, A. E. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian Street Boba Jemursari Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(8).

Umar, H. (2020). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis. Jakarta: Rajawali.

Wicaksono, N. J. S., & Sutanto, J. E. (2022). The impact of product variation, product quality, and service quality on purchase decision of Ko-Kopian products. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), 570-577.

Yamit, Z. (2020). Manajemen kualitas produk dan jasa. Edisi pertama.

Published

2024-07-02

How to Cite

Tiariesta Khansa Tsabita, & Sumaryanto Sumaryanto. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian: Survei pada Beli Kopi Surakarta . MENAWAN : Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(4), 330–340. https://doi.org/10.61132/menawan.v2i4.749

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.