Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Ayam Geprek Melotot di Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.61132/santri.v2i4.845Keywords:
Marketing Strategy, Marketing Mix, Sales IncreaseAbstract
Melotot Geprek Chicken Shop which is located at Jl. Sk Syahbudin, Ruko Puri Mayang, Mayang Mangurai, Jambi city. This Geprek Chicken Shop not only provides Geprek Chicken, but also provides toppings such as omelettes, liver gizzards, quail eggs, tofu-tempeh, perkedel, fried petai and others. The phenomenon or event that can be felt directly by researchers is, the Geprek Melotot Chicken Shop with a simple and not luxurious building design, ordinary service, and product sales that only use a word of mouth strategy, resulting in a lack of turnover as expected and what has been achieved. planned. So the aim of this research is to find out what marketing strategies are to increase sales, what obstacles are faced and what are the solutions in dealing with marketing strategies. The discussion of this research is related to the theory of increasing sales, MSMEs, Marketing Strategy, Halal Labeling, and Constraints in MSME Development. This research is a type of Qualitative research with a descriptive approach, using primary data sources and secondary data. The subjects of the research are Shop Owners and Consumers. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the strategy implemented by Toko Ayam Geprek Melotot in increasing sales is by using the 9P marketing mix strategy (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, payment, packaging), namely product strategy, price, location, promotion, people, process, physical evidence, payment, and packaging.
Downloads
References
Agustian, E., Mutiara, I., & Rozi, A. (2020). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 5(2), 257. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i2.192
Andri, N., Yanuardin, Syahrul, & Matondang, D. M. (2023). Pengantar produk pangan halal bersertifikasi. Widina Bhakri Persada Bandung.
Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (n.d.). Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui fasilitasi pihak eksternal dan potensi internal. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Azis, M., Hasan, M., Azis, F., & Arisah, N. (2021). Keberlanjutan usaha dan daya saing UMKM melalui strategi pemasaran: Studi kasus pada bisnis kuliner. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Daud Marzuki Matonang, Andri, N., Yanuardin, Syahrul. (2023). Pengantar produk pangan halal bersertifikasi. Widina Bhakri Persada Bandung.
Dewi, M., & Hubeis, M. (2020). Strategi pemasaran UMKM dalam meningkatkan daya saing di pasar ritel modern Carrefour (kasus PT MadaniFood, Jakarta). Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Handayani, F., Hafiz, A. P., & Ramli, F. (2023). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM wirausaha unggulan Jambi di Kota Jambi. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Hasanah, U., Sunarko, B., Sulistyawan, V. N., Arsyad, A., Farkhan, M., & Aini, C. N. (n.d.). Pendampingan sertifikasi halal sebagai strategi peningkatan daya saing produk pangan UMKM desa wisata Melung. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Hs, Mastuti, Yacob, S., & Dahmiri, D. (2022). Analisis strategi pemasaran online makanan tradisional khas Jambi (studi kasus pada pelaku UMKM Kota Jambi). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1632. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2625
Indonesian Chamber of Commerce and Industry. (n.d.). UMKM Indonesia. Retrieved from https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/#
Iriani, Y., Rahmana, A., Margana, R. R., & Maharani, A. (2022). Strategi peningkatan daya saing produk UMKM melalui teknologi informasi dan standarisasi produk pasca pandemi Covid-19. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Khoiruddin, M. (2023). Optimalisasi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat (studi pada UMKM di Desa Tamansuruh Banyuwangi). Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Laili, N. Y., & Kusumaningtias, R. (2020). Efektivitas inklusi keuangan syariah dalam meningkatkan pemberdayaan UMKM (studi pada BMT Dasa Tambakboyo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 436. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1204
Lestari, J. S. (n.d.). Analisis persaingan harga di pasar tradisional dalam etika bisnis Islam. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Maher. (2024). Wawancara pemilik Toko Ayam Geprek Melotot. [Tanggal wawancara tidak dicantumkan].
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mukaromah, N. F., & Wijaya, T. (2020). Pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna dalam perspektif Islam. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(2), 1–16. https://doi.org/10.33650/profit.v4i2.1621
Permana, S. H. (2017). Strategi peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi peningkatan pemasaran melalui media sosial terhadap UMKM di Desa Kintelan (studi kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081
Saefullah, A., & Arnu, A. P. (2022). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing produk UMKM ayam dan ikan bareng (bakar goreng). Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 1. https://doi.org/10.33087/eksis.v13i1.283
Sari, D., Anastasia, D., & Putri, A. M. (2022). Analysis of marketing strategy to increase sales of Ayam Geprek Judes Taskurun. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Siregar, F. A., & Razali, K. (2022). UMKM participation in halal industry: The legal framework and opportunities. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 22(1), 127. https://doi.org/10.22373/jiif.v22i1.10393
Supriono, M. K. M., & Dahlan Fanani, M. R. (2022). Strategi pemasaran UMKM membangun brand awareness UMKM kuliner melalui digital marketing. Jurnal[jurnal atau institusi tidak dicantumkan].
Zuhriyah, A., Ainol, & Waqi’atul Aqidah. (2023). Strategi pemasaran restoran Ayam Geprek Sa’i menurut perspektif etika bisnis Islam. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(1), 6–10. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i1.190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANTRI : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.