Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Daya Saing KFC dan Sabana pada ISO-9000
DOI:
https://doi.org/10.61132/anggaran.v2i4.1038Keywords:
Total Quality Management, ISO 9000, Kentucky Fried Chicken, SabanaAbstract
This study aims to analyze the impact of product quality and customer satisfaction on the competitiveness of KFC and Sabana, considering the implementation of ISO 9000 standards. Using a survey method, data were collected from 30 respondents who are customers of both brands. The analysis results indicate that product quality has a significant effect on customer satisfaction, which in turn contributes to enhancing the competitiveness of both companies. KFC, known for its consistency and product innovation, demonstrates higher competitiveness compared to Sabana. However, Sabana also shows commendable efforts in improving quality and customer satisfaction. These findings emphasize the importance of implementing ISO 9000 quality management standards in enhancing product quality and customer satisfaction as key factors in maintaining competitiveness in the fast-food industry. This research provides insights for companies to focus more on quality improvement and service for long-term success.
Downloads
References
Amelyawati, F., Herachwati, N., Nadia, F. N. D., & Studi Pengembangan Sumber Daya, P. (n.d.). Meningkatkan daya saing melalui manajemen sumber daya manusia (MSDM) sebagai strategi peningkatan kinerja. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(1), 2023. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i1
Debora, D., Pangemanan, G., & Tarore, H. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada perusahaan kontraktor di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 3(1).
Maddeppungeng, A., Abdullah, R., Teknik Sipil, J., Teknik, F., Sultan Ageng Tirtayasa Jln Jendral Sudirman, U. K., Cilegon Banten, K., & Jurusan Teknik Sipil, A. (2015). Analisis integrasi supply chain management (SCM) terhadap kinerja dan daya saing pada industri konstruksi (studi kasus kontraktor-kontraktor di daerah Banten dan DKI Jakarta). Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 4.
Manajemen, J., Tinggi, S., Manajemen, I., & Langsa, P. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Afnina Yulia Hastuti, 9.
Padmantyo, S., Ayu Sri Utami, Dan, & Yani Tromol Pos Pabelan Kartasura, J. A. (n.d.). ISO 9000 dengan total quality management (TQM): Mana yang lebih tepat diadopsi?
Putri Maulidiah, E., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh fasilitas terhadap kualitas pelayanan serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. 2(3).
Putri, D., Srikandi, A., & Sunarti, K. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (survei pada pelanggan nasi rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1).
Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. Z. (n.d.). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 13(2), 2016. http://journal.feb.unmul.ac.id
Susilawati, C., Salim, F., & Soesilo, T. (2005). Harapan dan realita sistem manajemen mutu ISO 9000 dalam penerapannya di perusahaan kontraktor. Civil Engineering Dimension, 7(1), 30–35. http://puslit.petra.ac.id/journals/civil
Tampanguma, I. K., Kalangi, J. A. F., Program, O. W., Ilmu, S., & Bisnis, A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. 3(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggaran : Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.