Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Menurut PERMENPAN No 14 Tahun 2017 Pada Kantor Lembang Nonongan Selatan

Authors

  • Devica Devica Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Mey Enggane Limbongan Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.61132/jepi.v1i3.235

Keywords:

public service, PERMENPAN no 14 of 2017, quality of service

Abstract

The research aim to measure the community satisfaction index as service users and improve the quality of public services. The data was obtained by observing and distributing questionarires to the public using birth certificate processing services with asample of 65 respondents. The types of data used in this research are promary anf secondary data. Data analysys techniques is descriptive quantitative method by calculating the percentage of aech category of answers based on PEMENPAN No 14 of 2017. The result of the research show that the community satisfaction index at the Lembang Nononga Selatan, which can be seen from the 9 indicators in accordance with PERMENPAN No 14of 2017 with the average service quality at the conversion value of the community satisfaction index of 85,475

References

Fandy, Tjiptono. 2014. Service Quality & Satisfaction. Edisi 3.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fandy, Tjiptono. 2016.Service, Quality & Satisfaction.Yogyakarta. Andi. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian).

Hardiyansyah.2011. Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator,Dan Implementasinya.Yogyakarta: Gava Media.

Hayat,2017. Manajemen Pelayanan Publik. Pt Raja Grafindo Persada,Depok.(Jurnal Fiat Justisia Volume 10 Issue 3,September 2016)

Irwansyiah Ramadhan .2014.Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kelurahan Bunggar Jakarta Pusat.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Jakarta: Grafindo Ersada.

Kasmir. 2017. Customer Sevice Excellent: Teori Dan Praktik. Pt Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler,Philip Dan Kevin Lane Keller.2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih Bahasa: Bob Sabran, Mm. Jakarta Erlangga.

Luh Dea Damayanti.2019.Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarakan Ikm Kecamatan Sawan Kabupaten Bulleleang.

Mukarom, Zaenal., Muhibudin Wijaya Laksana.2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government And Good Governance. Bandung: Pustaka Setia.

Pasolang,Harbani ,2011.Teori Administrasi Publik. Bandung:Alfabeta Cv

Peraturan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja No. 474-012/Dkp/I/2021 Tentang Penetapan Standar Pelayanan.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Pelayanan Publik No 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusuanan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Publik

Purnomo Edwin Setyo.2017.Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. (Jurnal Zachra Soniya Hardayani 2017)

Ramadhan,Irwansyah.2014.Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kelurahan Bungurjakarta Pusat.Jurusan Administrasi Negaraa,Universitas Sultan Ageng Tirtyasa, Serang-Banten.

Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, Alfabeta, Bandung.

Sinambela,Lijanpotlak.Dkk.2011. Reforrmasi Pelayanan Publik .Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D.

Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Centar For Academic Publishing Service (Caps)

Yulianus Sarira.2013.Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencacatan Sipil Makassar.

-359-2-PB-2. (n.d.).

-Article Text-2438-3-10-20220329-2. (n.d.).

-Article Text-12874-1-10-20230104-2. (n.d.).

Adewidar, V., Pata’dungan Berlian, M., Haryati, Z., Yavet, W., Jens, T., & Marewa, B. (n.d.). IMPLEMENTASI TUGAS PROYEK DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KETERAMPILAN KERJA MAHASISWA.

Azizi, M., Dwi, ), Prananingrum, K., Jemi, ), Tahirs, P., Samuel, ), Anantadjaya, P. D., & Ahmad, S. (2023). LITERATURE REVIEW: PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Vol. 31, Issue 1).

Batara, M. (2022). STRATEGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN OPTIMALISASI IDLE ASSET JEMAAT MAULU PASCA NEW NORMAL. 7(9).

Batara, M., Marina Palimbong, S., Sriati Mengga, G., & Kristen Indonesia Toraja, U. (2023). PENGEMBANGAN SOFT SKILL MELALUI PELATIHAN DAN PEMBUATAN TIKAR TUYU DALAM UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN KEUANGAN KELUARGA JEMAAT MAULU. Community Development Journal, 4(Juni).

Gusmawati Tammu, R., & Palimbong, S. M. (n.d.). Pengaruh electronic word of mouth, gaya hidup dan kepercayaan terhadap keputusan pembeli online melalui shopee. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 2022. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Info Artikel, P., & Pabisangan Tahirs, J. (2019). ANALISIS PENGENDALIAN KREDIT MACET PADA KSP BALO’ TORAJA CABANG BUNTU KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA. JEMMA, 2(2).

Info Artikel, P., Pabisangan Tahirs, J., & Kannapadang, R. S. (2018). MEMBANGUN MODEL PEMBUKUAN USAHA MIKRO DI KABUPATEN TANA TORAJA (STUDI KASUS USAHA KULINER). JEMMA, 1(2).

Kinerja, A., Pada, K., Hadji, P. T., Di, K., Adrianus, M., Girikallo, S., Pabisangan Tahirs, J., Maritim, A., Aipi Makassar, I., Kristen, U., & Toraja, I. (2022). Analysis Of Employee Performance At PT. Hadji Kalla In Makassar. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 5). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Lotong Ta’dung, Y., Ronal, M., & Cornelius, A. (2023). ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA GEREJA TORAJA JEMAAT RANTEPANGLI KLASISASI UTARA DI KABUPATEN TORAJA UTARA. Jurnal Riset Akuntansi (JURA), 1(1).

Matasik, A. L., Palimbong, S. M., & Panggalo, I. S. (2022). Design of Special Mechanism of Slaughterhouse Retribution at Traditional Events in North Toraja. In International Journal of Science and Society (Vol. 4). http://ijsoc.goacademica.com

Mekhum, W., & Girdwichai, L. (n.d.). Strategy for Sustainable Development of Tourism Destinations in the East Beach of South Sulawesi Indonesia. In International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net (Vol. 11, Issue 6). www.ijicc.net

Novaria, N., Sulastri, T., Tahirs, J. P., Wibowo, T. S., & Surabaya, M. (2023). The Effect of Self Service Technology and Service Quality on Loyalty with Satisfaction as Moderation. Novi Novaria, et.al THE EFFECT OF SELF SERVICE TECHNOLOGY AND SERVICE QUALITY ON LOYALTY WITH SATISFACTION AS MODERATION under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0). Jurnal Ekonomi, 12(03), 2023. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi

Pabisangan Tahirs, J., Haerani, S., Taba, M. I., & Umar, F. (2023). Literature Review: The Influence of Leadership Commitment and Work Culture on Bureaucratic Performance through Good Governance in Local Government Literatur Review: Pengaruh Leadership Commitment dan Work Culture Terhadap Kinerja Birokrasi Melalui Good Governance di Pemerintah Daerah. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 3). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Pagiu, C., & Pundissing, R. (n.d.). Pengaruh tingkat suku bunga kredit terhadap permintaan kredit usaha produktif Koperasi Credit Union Sauan Sibarrung Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(5), 2022. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Palimbong, S. M., & Tangdialla, R. (2021). Analisis pemahaman mekanisme pajak dan moral pajak dalam mendorong kepatuhan pajak sukarela umkm. FORUM EKONOMI, 23(4), 813–818. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Pasoloran, O., & Matasik, A. L. (2023). Development Model for the Balo’ Toraja Savings and Loans Cooperative (KSP Balo’ta): Building a Core Value Based on the “Balo’ta” Philosophy in Organizational Management. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 214–224. https://doi.org/10.56457/jimk.v11i1.345

Pasoloran, O., & Wibisono, L. K. (2022). Oktavianus Pasoloran, Lisa Kurniasari Wibisono | EMPATIC BUDGETING MODEL: STUDY OF REGIONAL BUDGETING IN TANA TORAJA REGENCY. http://devotion.greenvest.co.id

Pemberian Motivasi Pimpinan Terhadap Kualitas Kerja dan Kepuasan Karyawan Suatu Perusahaan, P., Studi Literature Pandu Adi Cakranegara, S., Mere, K., Larisu, Z., Pabisangan Tahirs, J., Setiawan Wibowo, T., Indonesia Toraja, K., Mahardhika, S., & Author, C. (2022). The Effect of Leadership Motivation on Work Quality and Employee Satisfaction in a Company: A Literature Study. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 4). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rambulangi, A. C., Pasoloran, O., Pongtuluran, A. K., & Ramba, D. (n.d.). COMMUNITY RESPONSE TO BUNTU BURAKE RELIGIOUS TOURISM MANAGEMENT IN TANA TORAJA DISTRICT.

Sriati, G., 1✉, M., & Ronal, M. (n.d.). Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Tana Toraja Terhadap Investasi Keuangan.

Tahirs, J. P., Pongtuluran, A. K., Rambulangi, A. C., Ronal, M., Program, ), Manajemen, S., & Ekonomi, F. (2020). MENINGKATKAN KAPASITAS PELAKU UKM MELALUI PENGUATAN MANAJEMEN DI KABUPATEN TANA TORAJA. Communnity Development Journal, 1(3), 436–442. https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/jawa-barat

Tangdialla, R., Wibisono, L. K., & Panggalo, I. S. (2022). Strategic Design of Indigenous Community Economic Development in North Toraja Regency in Accelerating National Development. In International Journal Publishing INFLUENCE: International Journal of Science Review (Vol. 4, Issue 2). https://influence-journal.com/index.php/influence/index203

Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., Pongtuluran, A. K., Kristen, U., & Toraja, I. (n.d.). Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Strategi pengembangan obyek wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. 5(4), 2022. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Devica Devica, & Mey Enggane Limbongan. (2023). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Menurut PERMENPAN No 14 Tahun 2017 Pada Kantor Lembang Nonongan Selatan. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 1(3), 01–19. https://doi.org/10.61132/jepi.v1i3.235

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.