Penerapan Pembelajaran Outdoor Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Siswa Di SDN 2 Songgon : Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Giska Medita Putri Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.61132/mengabdi.v2i2.491

Keywords:

Merdeka Curriculum, Outdoor Learning, Learn Campus

Abstract

This research is an implementation activity of the independent curriculum using outdoor learning to increase student literacy. Outdoor learning is learning that is carried out outside the classroom. One of the activities carried out in this learning is word relay, creative wall art, learning tours, word puzzles and many more. The learning carried out aims to hone students' abilities in the field of literacy and increase students' enthusiasm and enthusiasm for learning. The research method used was a mixture/combination. Data collection was carried out using a written test before and after outdoor learning was carried out. This activity was carried out during the Class 6 Teaching Campus assignment period.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A. (2015). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Memanfaatkan Teknik Brainwriting Pada Peserta Didik SD/MI Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2).

Bawamenewi, A. (2021). Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Edumaspul, 5(2).

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. 1(1).

Ermalia, Y. (2020). Strategi Pembelajaran Diluar Kelas (Outing Class) Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Di Paud Negeri pembina Bermain Ilir Kabupaten Kepahiang.

Hidayat, G. T., & Indihadi, D. (2018). Teknik Akrostik Dalam Penulisan Puisi (Studi Deskriptif terhadap Karya Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gunungpereng). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Kristyati, Y. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Di Luar Kelas Dalam Pembelajran Menulis teks Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Cirebon Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Tuturan, 8(2).

Muniroh, L., Ghufron, S., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Di Luar Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Dalam Menulis Laporan Di UPT SDN 177 Gresik. The Journal of System Engineering and Tchnological Innovation, 1(2).

Munzilin, I. A., Batubara, R. W., Fauziyah, N., Sukaris, & Rahim, A. R. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Anak Dengan Pembelajaran Di Luar Kelas Melalui Penerapan "Sensory Play" Di KB Puspa Giri Indro. Journal of Community Service, 3(1).

Novitasari, S. A. (2023). Penerpan Pembelajaran Berbasis Proyek di Luar Kelas: Memperkuat Keterlibatan Siswa Melalui Pmebelajaran di Komunitas Lokal. Jurnal Pendidikan West Science, 1(6).

Nuratni, N. R., Artawan, G., & Sutresna, I. B. (2014). Kajian Puisi Akrostik Dengan Pendekatan Parafrasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Puisi Siswa Kelas VII.C Di SMP Negeri 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).

Nurhayati, N. (2015). Model Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Teknik Brainwriting Yang Berorientasi Pada Kreativitias Siswa. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(1).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hermawan, A. H., & Prihatini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4).

Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. 2(6).

Taqwan, B., & Haji, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1).

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1).

Wibowo, Y. (t.thn.). Bentuk-Bentuk Pembelajaran Outdoor.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Giska Medita Putri. (2024). Penerapan Pembelajaran Outdoor Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Siswa Di SDN 2 Songgon : Implementasi Kurikulum Merdeka. MENGABDI : Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat, 2(2), 12–19. https://doi.org/10.61132/mengabdi.v2i2.491

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.