Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Petani Sawit di Desa Bulian Baru Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari
DOI:
https://doi.org/10.61132/santri.v3i2.1325Keywords:
Bulian Baru Village, Consumption Behavior, FactorsAbstract
This research is titled Factors Influencing the Consumption Behavior of Palm Oil Farmers in Bulian Baru Village, Batin XXIV Subdistrict, Batanghari Regency. The objectives of this study are: (1) To explain the partial influence of Cultural Factors, Social Factors, and Personal Factors on the consumption behavior of palm oil farmers in Bulian Baru Village, Batin XXIV Subdistrict, Batanghari Regency; and (2) To explain the simultaneous influence of Cultural Factors, Social Factors, and Personal Factors on the consumption behavior of palm oil farmers in the same area. The research method used is a quantitative approach. The results of this study are: (1) Based on the regression test, it was found that partially, Cultural Factors have a significant influence on the consumption behavior of palm oil farmers in Bulian Baru Village, Batin XXIV Subdistrict, Batanghari Regency. Social Factors, on the other hand, do not have a significant partial effect, while Personal Factors do significantly influence consumption behavior in the same area. (2) Simultaneously, Cultural Factors, Social Factors, and Personal Factors have a significant influence on the consumption behavior of palm oil farmers in Bulian Baru Village, Batin XXIV Subdistrict, Batanghari Regency.
Downloads
References
Agung. (2015). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian pada restoran Gado-Gado Boplo (Studi kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). Jurnal Agribisnis, 9(2).
Amelia, R. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen di daerah pedesaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(2).
Anggraini, D. (2018). Analisis pengaruh perkebunan kelapa sawit terhadap perekonomian di Provinsi Riau tahun 2002–2016 [Skripsi, Universitas Islam Indonesia].
Ascarya. (2021). Akhlak konsumen Muslim: Perspektif ekonomi Islam. Bank Indonesia Institute.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi. (2020). Luas tanaman perkebunan menurut jenis tanaman (hektar), 2018–2020. https://jambi.bps.go.id/indicator/54/514/1/luas-tanaman-perkebunan-menurut-jenis-tanaman-.html
Daniel. (2019). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti, 6(12).
Fankrut, M. (2017). Industri budaya dan budaya konsumen. Pustaka Pelajar.
Kanserina, D. (2017). Perilaku konsumsi dalam ekonomi modern. Penerbit Ilmu Ekonomi.
Karim, A. A. (2020). Ekonomi mikro Islami. Rajawali Pers.
Khan. (2015). Pengambilan keputusan konsumen. Penerbit Global Economics.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran (Edisi Indonesia). Erlangga.
Lestari, D. (2019). Peran faktor sosial dalam menentukan pola konsumsi remaja. Jurnal Psikologi Konsumen, 3(1).
Maslow, A. (2016). Motivasi dan kepribadian: Teori kebutuhan dalam psikologi. RajaGrafindo Persada.
Muhammad. (2016). Etika bisnis dalam Islam. UII Press.
Nasir, M. (2022). Perilaku konsumen Muslim. IAIN Bone Press.
Nasriah. (2016). Pengaruh budaya terhadap perilaku konsumen dalam membeli mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla Cabang Makassar [Skripsi, Universitas Muslim Makassar].
Nugroho. (2016). Analisis perilaku konsumsi. Pustaka Akademika.
Pemerintah Desa Bulian Baru. (2021). Rencana jangka menengah desa (RJMD) Olak Besar Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari tahun 2021–2027.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2020). Perilaku konsumen: Teori dan praktik. Penerbit Pendidikan Ekonomi.
Purba, H. B. R. (2020). Pengaruh tingkat pendapatan petani kelapa sawit (Elaeis guinensis Jacq) rakyat terhadap pola konsumsi pangan (Studi kasus: Desa Sialtong Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai) [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara].
Rahmawati, F. (2022). Pengaruh faktor sosial, pribadi dan budaya terhadap perilaku konsumen rumah tangga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1).
Rofiqoh, F., Rohana, & Istiqomah, K. (2022). The influence of perception and service on the satisfaction level of pawn gold customers at the Handil Jaya Pegadaian Syariah main branch office. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2).
Rosyidi. (2018). Konsumsi dan kebutuhan manusia. Penerbit Ekonomi Jaya.
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2019). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti, 6(12).
Soekanto, S. (2017). Sosiologi: Suatu pengantar. Rajawali Pers.
Solomon, M. R. (2016). Perilaku konsumen: Membeli, memiliki, dan menjadi. Salemba Empat.
Somantri, B., & Larasati, G. C. (2020). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap consumer behavior dan dampaknya pada purchasing decision produk kosmetik Korea mahasiswi kota Sukabumi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8).
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukwiaty. (2019). Konsumen dan kebutuhannya. Pustaka Ekonomi.
Suprayitno, A., Rochaeni, S., & Purnomowati, R. (2015). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian pada restoran Gado-Gado Boplo (Studi kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). Jurnal Agribisnis, 9(2).
Tamba, I. R. (2016). Analisis peranan sektor pertanian pada perekonomian Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara [Skripsi, Universitas Sumatera Utara].
Taufiq, A. (2015). Dinamika pemasaran: Jelajahi dan rasakan. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SANTRI : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



