Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Varian Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Kelontong

Authors

  • Ayudea Oktaviani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wibawa Karta Raharja
  • Sisca Septiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wibawa Karta Raharja

DOI:

https://doi.org/10.61132/santri.v1i5.42

Keywords:

Service Quality, Product Variants, Customer Loyalty

Abstract

This study aims to analyze the effect of Service Quality and Product Variants on Customer Loyalty at Darin Grocery Store in Cikopo Purwakarta. The source of the data in this study was obtained from a questionnaire (primary) which was distributed to the respondents. The population of this study were customers at the Darin Grocery Store in Cikopo Purwakarta. The research sample amount were 82 people. The research analysis method used is validity test, reliability test, multiple linear regression, f test and t test. The research findings indicate that the marketing strategy simultaneously affects customer loyalty. Based on multiple linear regression analysis, the coefficient of determination is 40.3%. The most dominant factor influencing is the product variance of the t test calculation. The t value for the service quality variable is 0.880, the t count for the product variant variable is 4.838. The results of the F test obtained F count of 26.715 and a significant value <0. 05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p19

Elianto, W. Y., Setyawati, S. M., & Setyanto, R. P. (2020). ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KETERIKATAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1539

Esa Sekar Hastari, Corry Yohana, & Arvinta Monoarfa, T. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Brand Skincare Lokal). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 785–799. https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.13

Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p18

Griffin, J. (1995). Customer loyalty: how to earn it, how to keep it. Choice Reviews Online, 32(11), 32-6312-32–6312. https://doi.org/10.5860/CHOICE.32-6312

Harsono, B. (2021). MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN PROVIDER INTERNET MELALUI PENINGKATAN DIMENSI PELAYANAN. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(2), 331–340. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i2.284

Jumarodin, J., Sutanto, A., & Adhilla, F. (2019). PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BEDUKMUTU DI UMY. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.18196/mb.10171

Kevin, & Asron Saputra. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN,PROMOSI PENJUALAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET CABANG SADAI BENGKONG. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(6).

Khoirunnisa’, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 672–680. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29180

Novianti, D., Wahyuni, P., & Heriningsih, S. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INOVASI PRODUK OLAHAN KERUPUK DI DUSUN GONDOSULI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 54. https://doi.org/10.31315/dlppm.v3i2.8177

Octavia, R. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK INDEX LAMPUNG. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39

Pratama, Y., Heryanto, I., Dwiyanisa, A., & Megawati, I. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 56–68. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.231

Putri, N. K. N., & Yasa, N. N. K. (2018). PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pie Susu di Kota Denpasar). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 111. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2018.v12.i02.p03

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017a). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1). https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017b). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1). https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147

Rohmawati, Z. (2018). KUALITAS, HARGA DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 19. https://doi.org/10.30587/jre.v1i2.418

Santy, C., Cholid, I., & Cholid, I. (2023). The Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pempek Beringin. MDP Student Conference, 2(2), 536–541. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4342

Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjahjaningsih, E., Ningsih, D. H. U., & Utomo, A. P. (2020). The Effect of Service Quality and Product Diversity on Customer Loyalty: The Role of Customer Satisfaction and Word of Mouth. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 481–490. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no12.481

Tristanti, P. R., Asiyah, S., & Slamet, A. R. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Indogrosir Malang. E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN. www.fe.unisma.ac.id

Yuwana, S. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO KING DI MALANG. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2). https://doi.org/10.30996/jem17.v2i2.1197

Downloads

Published

2023-10-22

How to Cite

Ayudea Oktaviani, & Sisca Septiani. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Varian Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Kelontong. SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(5), 32–43. https://doi.org/10.61132/santri.v1i5.42

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.