Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Varian Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Kelontong
DOI:
https://doi.org/10.61132/santri.v1i5.42Keywords:
Service Quality, Product Variants, Customer LoyaltyAbstract
This study aims to analyze the effect of Service Quality and Product Variants on Customer Loyalty at Darin Grocery Store in Cikopo Purwakarta. The source of the data in this study was obtained from a questionnaire (primary) which was distributed to the respondents. The population of this study were customers at the Darin Grocery Store in Cikopo Purwakarta. The research sample amount were 82 people. The research analysis method used is validity test, reliability test, multiple linear regression, f test and t test. The research findings indicate that the marketing strategy simultaneously affects customer loyalty. Based on multiple linear regression analysis, the coefficient of determination is 40.3%. The most dominant factor influencing is the product variance of the t test calculation. The t value for the service quality variable is 0.880, the t count for the product variant variable is 4.838. The results of the F test obtained F count of 26.715 and a significant value <0. 05.
Downloads
References
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p19
Elianto, W. Y., Setyawati, S. M., & Setyanto, R. P. (2020). ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KETERIKATAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1539
Esa Sekar Hastari, Corry Yohana, & Arvinta Monoarfa, T. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Brand Skincare Lokal). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 785–799. https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.13
Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p18
Griffin, J. (1995). Customer loyalty: how to earn it, how to keep it. Choice Reviews Online, 32(11), 32-6312-32–6312. https://doi.org/10.5860/CHOICE.32-6312
Harsono, B. (2021). MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN PROVIDER INTERNET MELALUI PENINGKATAN DIMENSI PELAYANAN. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(2), 331–340. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i2.284
Jumarodin, J., Sutanto, A., & Adhilla, F. (2019). PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BEDUKMUTU DI UMY. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.18196/mb.10171
Kevin, & Asron Saputra. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN,PROMOSI PENJUALAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET CABANG SADAI BENGKONG. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(6).
Khoirunnisa’, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 672–680. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29180
Novianti, D., Wahyuni, P., & Heriningsih, S. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INOVASI PRODUK OLAHAN KERUPUK DI DUSUN GONDOSULI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 54. https://doi.org/10.31315/dlppm.v3i2.8177
Octavia, R. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK INDEX LAMPUNG. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39
Pratama, Y., Heryanto, I., Dwiyanisa, A., & Megawati, I. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 56–68. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.231
Putri, N. K. N., & Yasa, N. N. K. (2018). PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pie Susu di Kota Denpasar). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 111. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2018.v12.i02.p03
Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017a). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1). https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147
Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017b). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1). https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147
Rohmawati, Z. (2018). KUALITAS, HARGA DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 19. https://doi.org/10.30587/jre.v1i2.418
Santy, C., Cholid, I., & Cholid, I. (2023). The Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pempek Beringin. MDP Student Conference, 2(2), 536–541. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4342
Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tjahjaningsih, E., Ningsih, D. H. U., & Utomo, A. P. (2020). The Effect of Service Quality and Product Diversity on Customer Loyalty: The Role of Customer Satisfaction and Word of Mouth. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 481–490. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no12.481
Tristanti, P. R., Asiyah, S., & Slamet, A. R. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Indogrosir Malang. E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN. www.fe.unisma.ac.id
Yuwana, S. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO KING DI MALANG. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2). https://doi.org/10.30996/jem17.v2i2.1197