Pengaruh Fitur Layanan dan Biaya Administrasi Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking pada Bank Syariah Indonesia KC

Authors

  • Destianah Destianah UIN Raden Fatah Palembang
  • Hilda Hilda UIN Raden Fatah Palembang
  • Fakhrina Fakhrina UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61132/santri.v2i6.953

Keywords:

Service Features, Administration Fees, Customer Satisfaction

Abstract

This research used a quantitative method with a sampling technique using the Slovin formula to obtain 95 samples. The data collection technique uses a questionnaire. The research results show that the service feature variable (X1) influences customer satisfaction (Y). The results of the t test for service features on customer satisfaction obtained a value of tcount > ttable (3.429>1.986) and a significance value smaller than probability (0.000 ttable (8.264 > 1.986) and a significance value smaller than probability (0.000 < 0.05), meaning that administration costs have an effect on customer satisfaction. The simultaneous test shows that the fcount value is 114.028 and the ftable value is 3.09 (114.028 > 3.09) with a significance level of 0.000 < 0.05. The conclusion of this research is that service features and administration costs influence customer satisfaction using mobile banking at Bank Syariah Indonesia KC Lahat.

 


Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan, Fitur dan Keamanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep. Alkasb: Journal of Islamic Economics, 1(1), 70-89

Broto, A. H. K., Sripeni, R., & Permatasari, R. W. (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Administrasi Umum, dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Pada Perusahaan Food and Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 7(2), 83-88.

Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK, 121-180

Erina, N. (2021). Pengaruh Kemudahan Akses, Kenyamanan, Dan Keamanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nganjuk (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, hlm, (2016).

Karina Widianingrum, Pengaruh Manfaat, Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Nasabah, 2021.

Kasmir, Manajemen Perbankan,cet ke-14, (Jakarta:Rajawali, 2017),

Mas, d. N. H. U. R. Pengaruh fitur layanan dan kemudahan menggunakan m-banking bsi terhadap kepuasan nasabah.

Ningrum, R., Bacmid, S., & Jalil, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30-45.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.

Poon (2011), Dikutip Oleh Ika Sari, Pengaruh kemudahan, manfaat penggunaan teknologi, fitur layanan dan keamanan, terhadap minat menggunakan Emoney, dengan sikap penggunaan sebagai variabel intervening (IAIN SALATIGA 2019)., Hlm. 24

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128- 137

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81- 95

Schmitt (2010), Dikutip oleh setyo ferry wibowo, pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, fitur layanan, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan Emoney card (studi pada pengguna jasa commuterline di Jakarta), jurnal riset manajemen sains Indonesia (JRMSI) Vol. 6, No. 1, 2015, Hlm. 445

Sugiyono, “statistik untuk penelitian”, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Utama, R. O. P. (2020). Pengaruh Kelengkapan Fitur, Kemudahan Penggunaan dan Biaya Transaksi terhadap Kepuasan Nasabah Aplikasi Online Trading pada PT FAC Sekuritas Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wawancara dengan Diana Malinda,SE salah satu Pegawai Bank Syariah Indonesia KC Lahat.

Yumanita, D. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Zazat, r. R. (2022). Pengaruh internet banking, m-banking, dan atm terhadap minat dan kepuasan mahasiswa uin raden intan lampung menjadi nasabah bank syariah mandiri (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Zuhelti, N., & Busriadi, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Dan Sistem Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Di Kantor Cabang Pembantu Muara Bungo. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 3(1), 26-44.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Destianah Destianah, Hilda Hilda, & Fakhrina Fakhrina. (2024). Pengaruh Fitur Layanan dan Biaya Administrasi Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking pada Bank Syariah Indonesia KC . SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(6), 16–24. https://doi.org/10.61132/santri.v2i6.953