Dampak Kenaikan Ongkos Kirim terhadap Elastisitas Permintaan Produk di Market Place Studi Kasus: Shopee
DOI:
https://doi.org/10.61132/jepi.v3i3.1585Keywords:
Demand Elasticity, Marketplace, Shipping CostsAbstract
This research aims to analyze the impact of increased shipping costs on the price elasticity of demand for products on the Shopee marketplace platform. The method used in this study is qualitative, focusing on secondary data sourced from various literatures, research findings, scientific publications, and relevant public data. Through a comparative analysis approach and interpretation of the available data, this study intends to identify patterns, trends, and inconsistencies related to the impact of increased shipping costs on the price elasticity of demand for products on marketplace platforms like Shopee. The results of this study are expected to help sellers and Shopee address the impact of increased shipping costs on market demand. Additionally, academically, this research expands the understanding of product demand reactions to changes in shipping costs on marketplace platforms.
Downloads
References
Aeni, A. N., & Hendrayanti, S. (2024). Seminar Nasional dan Call for Papers 2024 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi semarang SHOPEE (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Semarang). https://databoks.katadata.co.id/
Ahsyar, T. K., Syaifullah, S., & Ardiansyah, A. (2020). E-marketplace media pengembangan promosi usaha mikro kecil dan menengah dinas koperasi UMKM Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 43–54.
Cahya, A. D., Aqdella, F. A., Jannah, A. Z., & Setyawati, H. (2021). Memanfaatkan marketplace sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan di tengah pandemi Covid-19. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 503–510.
Dewi Astuti, S. and , K. S. E. , M. S. (2022). PENGARUH DISKON DAN PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE.
Dewi, L. S. (2025). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Takaza Innovatix Labs.
Fahmy, A. F. R., Rahim, R., Wicaksono, A., Assagaf, G., Dewi, F. K., Setiawan, J., & Lessy, D. (2021). Teori dan Aplikasi Matematika Ekonomi. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Hamid, R. S., Ariasih, M. P., Suarnaki, N. N., Purwoko, N., Tarmizi, A., & Vitaloka, D. (2014). Manajemen pemasaran modern.
Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Penerapan metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469.
Lestari, S., Prastyatini, Y., & Ramadhanti, S. (2023). PENGARUH DISKON FLASH SALE DAN BIAYA ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi ) Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 14, Issue 04).
Ma’rifah, I., Indah, B. R., Rizqi, E. I., & Kustiningsih, N. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada Umkm D’elixir. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 349–356.
Maulana, A., & Safarida, N. (2021). Analisis tingkat elastisitas permintaan dan penawaran ayam potong di pasar kota Langsa. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 173–198.
Napitupulu, R. B., br Sirait, C., & Zega, Y. (2022). Pengaruh iklan dan promosi penjualan shopee terhadap keputusan pembelian mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Darma Agung Medan. Jurnal Global Manajemen, 11(1), 40–51.
Nurjaya, D. I. H. (2022). MANAJEMEN UMKM. Cipta Media Nusantara.
Oktaviani, A. M., Wijaya, M. S., Nadiya, A., Rohmah, F., Fauzi, A., Lestari, W. A., ... & Yuliyanti, S. (2025). Pendidikan Dasar di Era Digital: E-Commerce sebagai Alat Pembelajaran. Publica Indonesia Utama.
Prayuti, Y. (2024). Dinamika perlindungan hukum konsumen di era digital: Analisis hukum terhadap praktik e-commerce dan perlindungan data konsumen di Indonesia. Jurnal Interpretasi Hukum, 5(1), 903-913.
Ramadhanti, S., & Prastyatini, S. L. Y. (2023). Pengaruh Diskon Flash Sale Dan Biaya Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Moderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 14(04), 1030–1039.
Ritonga, R. A., & Risal, T. (2023). Pengaruh free ongkir kirim dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan online shop (studi pada pengguna Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(1), 73–91.
Sati, L. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir Shopee terhadap Loyalitas Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari. Science of Management and Students Research Journal (SMS), 3(2), 79–83.
Tanaya, F. P. (2024). Strategi Pemasaran Digital di Instagram@ palugada. streetwear: Sebuah Studi Kualitatif Deskriptif (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



