Pemetaan Klaster Industri Kreatif Kuliner Khas Kalteng Di Kota Palangka Raya Dengan Analisis Kluster Hirarki Sebagai Dasar Penyusunan Kebijakan Optimalisasi Kuliner Lokal
DOI:
https://doi.org/10.61132/jepi.v2i2.523Keywords:
Creative Industry, Typical Central Kalimantan Culinary, Palangka Raya, Hierarchical Cluster Analysis, Optimization PolicyAbstract
This research examines the mapping of creative culinary industry clusters typical of Central Kalimantan in Palangka Raya City using Hierarchical Cluster Analysis. The main objective of this research is to identify clustering patterns of the local creative culinary industry which can be the basis for formulating local culinary optimization policies. By applying Hierarchical Cluster Analysis, this research succeeded in uncovering the characteristics and relationships between creative culinary industry players in Palangka Raya, as well as development potential that can be improved through appropriate policies. It is hoped that the results of this research can provide strategic recommendations for local governments and other stakeholders in designing and implementing policies that support the growth of the creative culinary industry, while promoting the richness of Central Kalimantan's unique culinary delights.
Downloads
References
(Ananda & Susilowati, 2019)Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Bae, S. H. and Yoo, K. (2015) „Economic modeling of innovation in the creative industries and its implications‟, Technological Forecasting and Social Change. Elsevier Inc., 96, pp. 101–110. doi: Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Cahyaningrum, D. T. (2018). Pemetaan Industri Kreatif Dalam Pengembangan Industri Kreatif Berdasarkan Pengklasifikasian Subsektor ( Studi Kasus : Jember ). 99.
Cahyaningrum, D. T. (2018). Pemetaan Industri Kreatif Dalam Pengembangan Industri Kreatif Berdasarkan Pengklasifikasian Subsektor ( Studi Kasus : Jember ). 99.
Cahyaningrum, D. T. (2018). Pemetaan Industri Kreatif Dalam Pengembangan Industri Kreatif Berdasarkan Pengklasifikasian Subsektor ( Studi Kasus : Jember ). 99.
Cahyaningrum, D. T. (2018). Pemetaan Industri Kreatif Dalam Pengembangan Industri Kreatif Berdasarkan Pengklasifikasian Subsektor ( Studi Kasus : Jember ). 99.
Cahyaningrum, D. T. (2018). Pemetaan Industri Kreatif Dalam Pengembangan Industri Kreatif Berdasarkan Pengklasifikasian Subsektor ( Studi Kasus : Jember ). 99.
Cahyaningrum, D. T. (2018). Pemetaan Industri Kreatif Dalam Pengembangan Industri Kreatif Berdasarkan Pengklasifikasian Subsektor ( Studi Kasus : Jember ). 99.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia yang pelaksanaannya didasari pada Inpres No. 6 Tahun 2007 Tentang Percepatan Sektor Riil dan Pembangunan Usaha Mikro Kecil dan Menengah tanggal 8 Juni 2007 yang mengamanatkan pengembangan sentra melalui pendekatan OVOP(Wahidatul Maghfiroh et al., 2021)
Simulasi ini dilakukan dengan menhubungkan subsektor industri kreatif yang telah di-rangking-kan dengan wilayah isoincome. Sebelum menghubungkan kedua hasil tersebut, dilakukan pemetaan wilayah berdasarkan industri kreatif yang dimiliki oleh setiap wilayah(Cahyaningrum, 2018)Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Wahidatul Maghfiroh, Hadiyatullah, M. H., & Adinugraha, H. H. (2021). Pemetaan Ekonomi Untuk Mendapatkan Strategi Peningkatan Industri Kreatif Di Desa Jajarwayang Bojong Pekalongan. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 69–74. https://doi.org/10.36728/ganesha.v1i02.1478
Wahidatul Maghfiroh, Hadiyatullah, M. H., & Adinugraha, H. H. (2021). Pemetaan Ekonomi Untuk Mendapatkan Strategi Peningkatan Industri Kreatif Di Desa Jajarwayang Bojong Pekalongan. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 69–74. https://doi.org/10.36728/ganesha.v1i02.1478
Wahidatul Maghfiroh, Hadiyatullah, M. H., & Adinugraha, H. H. (2021). Pemetaan Ekonomi Untuk Mendapatkan Strategi Peningkatan Industri Kreatif Di Desa Jajarwayang Bojong Pekalongan. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 69–74. https://doi.org/10.36728/ganesha.v1i02.1478
Wahidatul Maghfiroh, Hadiyatullah, M. H., & Adinugraha, H. H. (2021). Pemetaan Ekonomi Untuk Mendapatkan Strategi Peningkatan Industri Kreatif Di Desa Jajarwayang Bojong Pekalongan. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 69–74. https://doi.org/10.36728/ganesha.v1i02.1478
Wahidatul Maghfiroh, Hadiyatullah, M. H., & Adinugraha, H. H. (2021). Pemetaan Ekonomi Untuk Mendapatkan Strategi Peningkatan Industri Kreatif Di Desa Jajarwayang Bojong Pekalongan. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 69–74. https://doi.org/10.36728/ganesha.v1i02.1478
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.