Pengaruh Objek Wisata Halal, Lama Usaha, Modal, dan Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Pedagang di Kawasan Wisata Gentala Arasy Kota Jambi

Authors

  • Muhammad Ridel Fiandry Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Titin Agustin Nengsih Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Angger Hidayat Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61132/menawan.v2i3.515

Keywords:

Halal Tourist Attractions, Length of Business, Capital, Trader Income

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of halal tourist attractions, length of business, capital and tourist visits on traders' income in the Gentala Arasi tourist area, Jambi City. The number of samples in this study was 64 people and used a simple random sampling technique, namely accidental sampling by selecting random samples that were accidentally encountered. Multiple Regression Analysis is used as a data analysis technique. The research results show that halal tourist attractions and tourist visits have a significant effect on traders' income, while length of business and capital do not have a significant effect. Based on data analysis in this research, these variables are valid and reliable. When testing classical assumptions with a normal distribution, heteroscedasticity and multicollinearity do not occur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama RI, Departemen. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media, 2015

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahan, (Semarang : PT. Karya Toha Putra, 2018)

A. J. Muljadi dan Andri Warman, Kepariwisataan dan Perjalanan, 5 ed. (Jakarta: Raja Grafindo, 2016).

Bawazir. T., Panduan Praktis Wisata Syariah (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2013).

Deky Anwar, Ekonomi Mikro Islam (Palembang: Noer Fikri, 2015).

Eni Umi Hasanah dan Danang Sunyoto, Pengantar Ilmu Ekonomi Makro (Yogyakarta: CPAS, 2012).

I Gusti Bagus dan Rai Utami, Pemasaran Pariwisata (Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2017).

I Wayan Widana, Uji Persyaratan Analisis (Lumajang: Klik Media, 2020)

Jusuf Suit DKK, Pemberdayaan Potensi Ekonomi Pedesaan (United Kingdom: Pearson, 2012).

Mursid, Manajemen Pemasaran ed 1 (Jakarta: Bumi Aksara bekerja sama dengan pusat antar Universitas studi Ekonomi, 2003).

Nyoman S Pendit, Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana (Jakarta: Pradnya Paramita, 1994)

Prathama Raharja, Teori Ekonomi Makro (Jakarta: LP FE-UI, 2020).

Rahmanto Arif, “Pengembangan Pedagang di Obyek Wisata Sondokoro Kabupaten Karanganyar,” (2013).

Sammeng A. M., Cakrawala Pariwisata (Jakarta: Balai Pustaka., 2011).

Soediyono Roksoprayitno, Ekonomi Makro (Yogyakarta, 2019).

Sofyan R, Prosfek Bisnis Pariwisata Syariah (Jakarta: Buku Republika., 2012).

Sofyan R, Prosfek Bisnis Pariwisata Syariah (Jakarta: Buku Republika., 2012).

Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi (YogyakartaAlfabeta, 2012).

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&B. (Bandung: Alfabeta, 2014).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2017).

Suryani, Metode Riset Kuantitatif (Jakarta: Kencana, 2015).

Suwardjoko P., Indira P., dan Warpani, Pariwisata dalam Tata Ruang Wilayah (Bandung: ITB, 2007).

Titin Agustin Nengsih, Bella Arisha, dan Yuliana Safitri, Statistika Deskriptif dengan Program R (Kota Jambi: PT. Sonpedia Pubhlising Indonesia, 2022).

Titin Agustin Nengsih, Fadhlul Mubarak, and Vinny Yuliani Sundara. "Pemograman R Dasar." (2020).

Thompson S. K., Sampling 3rd (Wiley, 2012).

Winardi, Motivasi dalam Pemotivasian Manajemen (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002).

Aan Jaelani, Industri Wisata Halal Di Indonesia: Potensi Dan Prospek (Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects), 429 27, 2017.

Akhbar Nurseta Priyandika, Analisis Pengaruh Jarak, Lama Usaha, Modal, dan Jam Kerja terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Konveksi (Semarang: Universitas Diponegoro, 2015).

Apep Risman, Budhi Wibhawa, dan M. Fedryansyah, “Kontribusi Pariwisata terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia.” 3 No.3 (2019).

Kukuh Andika Pratama, Titin Agustin Nengsih, dan Beid Fitrianova Andriani, “Strategi Pengembangan Usaha Home Industry Kerupuk dalam Menigkatkan Pendapatan Keluarga,” ABDI DHARMA 3, no. 2 (2023).

Mariya Ulfa, Titin Agustin Nengsih, dan Khusnul Istiqomah, “Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Dan Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Win Win Kota Jambi” 1, no. 6 (2023).

Ni Gusti Ayu Dwi Asmari, “Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan,pengeluaran Wisatawan, dan Investasi Terhadap Pendapatan Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Ekonom” 10 N0.8.

Nurrokhim, Titin Agustin Nengsih, dan M. Taufik Ridho, “Pengaruh Faktor Pengembangan Destinasi Wisata Terhadap Minat Berwisata Halal di Kota Jambi,” KAMPUS AKADEMIK PUBLISING 1, no. 3 (2023).

Rosetyadi Artistyan Firdausa dan Fitrie Arianti, “Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, dan Jam Operasional terhadap Pendapatan Pedagang Kios Dipasar Bintaro Demak” 02 (2013).

Sri Utami S. dan Edi Wibowo, “Pengaruh Modal Kerja Terhadap Pendapatan dengan lama usaha Sebagai Variabel Moderasi(Survei Pada Pedagang Pasar Klithikan Notoharjo Surakarta)” 13, No. 2 (2013).

Titin Agustin Negsih, M. Taufik Ridho, dan Mellya Embun Baining, “Analisis Pendapatan Pedagang Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Angso Duo Kota Jambi” 12, no. 1 (2022).

Titin Agustin Nengsih, Mohammad Orinaldi, dan Yudha Nurwahid, “Kesenjangan UMKM pada Pengelolaan Keuangan: Studi di Kota Jambi” 12, no. 2 (2022).

Wely Andry, Tiitin Agustin Nengsih, dan Neneng Sudharyati, “Analisis Keberadaan UMKM Di Bidang Kuliner Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur” 3, no. 3 (2023).

Undang-undang No 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan, pasal 4.

Undang-Undang Nomor, 10 ‘Tahun 2009’, Tentang Kepariwisataan,.

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Muhammad Ridel Fiandry, Titin Agustin Nengsih, & Angger Hidayat. (2024). Pengaruh Objek Wisata Halal, Lama Usaha, Modal, dan Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Pedagang di Kawasan Wisata Gentala Arasy Kota Jambi. MENAWAN : Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(3), 57–68. https://doi.org/10.61132/menawan.v2i3.515