Penerapan Manajemen Waktu melalui Jadwal Harian Untuk Siswa Kelas 6 SD N 1 Kismoyoso Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.61132/mengabdi.v2i6.1077Keywords:
manajemen waktu, jadwal harian, anak-anakAbstract
Pengelolaan waktu yang efektif merupakan keterampilan penting bagi anak-anak untuk mencapai tujuan belajar dan aktivitas sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan manajemen waktu melalui penggunaan jadwal harian yang dirancang khusus untuk anak-anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi Pemaparan materi berkaitan dengan manajemen waktu, pelatihan pembuatan jadwal harian, dan wawancara singkat dengan peserta untuk mengevaluasi dampak kegiatan. Hasil dari wawancara menunjukkan bahwa anak-anak merasa lebih terorganisir dan mampu mengatur aktivitas harian mereka dengan lebih baik setelah mengikuti program ini. Selain itu, mereka juga melaporkan peningkatan dalam fokus dan produktivitas. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendidik anak-anak mengenai pentingnya pengelolaan waktu yang baik.
Downloads
References
Astuti, N. D., & Astriani, L. (2024). Upaya Penggunaan Media Jam dan Mengenal Satuan Waktu pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas 1 di SDN. 642–649. jurnal.umj.ac.id
Barutu, H., Gultom, L., Purba, A., & Naiborhu, M. (2023). HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS XI SMK SWASTA HARAPAN BANGSA TAHUN 2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, 5(1), 1–9.
Putra, A. A., & Pohan, M. (2022). Implementasi Manajemen Waktu pada Siswa Sekolah Dasar. Rangguk: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 17–23.
Suardin, & Yusnan, M. (2021). ENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Edukasi Cendikia, 5(1), 61–71.
Zulfa, N. A., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. 7(3), 467–475.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MENGABDI : Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.