Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat pada PT. Citilink Cabang Semarang

Authors

  • Muhammad Farizqi A.B. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang
  • Mochamad Taufiq Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang
  • Sutopo Sutopo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61132/jepi.v3i2.1774

Keywords:

Price, Promotion, Purchasing Decisions, Service Quality

Abstract

The purpose of this study was to analyze the influence of service quality, price, promotion and consumer purchasing decisions. The population in this study were all consumers at PT. Citilink Semarang Branch in 2024, totaling 58,249 people, while the sample taken using the Slovin formula resulted in 100 people. Sampling using accidental sampling. The data analysis method used is multiple regression. The results of the analysis show that hypothesis 1 (H1) that service quality has a positive effect on consumer purchasing decisions is proven. This means that the higher the quality of service, the higher the tendency of consumers to make decisions to purchase airline tickets. Hypothesis 2 (H2) that price has a positive effect on consumer purchasing decisions is proven. This means that the more affordable the price offered, the higher the tendency of consumers to make decisions to purchase airline tickets. Hypothesis 3 (H3) that promotion has a positive effect on consumer purchasing decisions is proven. This means that the more intense the promotion from the company, the higher the tendency of consumers to make decisions to purchase airline tickets.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrianto, A. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 55–61.

Alma, B. (2016). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta.

Badjamal, F. A., & Sakaria, M. (2021). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada warung kopi Celebest di Kota Palu. Jurnal Ekonomi Trend, 9(1), 11–16.

Fure, H. (2013). Lokasi, keberagaman produk, harga dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Ghozali, I. (2013). Analisis multivariat dengan program SPSS (Edisi ke-3). BP Undip.

Hakim, S. H., Rahman, A., & Syafii, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-wallet di Sumatera Utara. Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1171–1183.

Halawa, F., & Juliani, P. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Bintang Sumatera [Skripsi, Universitas Potensi Utama].

Kotler, P. (2012). Marketing management: Analysis, planning, implementation, and control (9th ed.). Prentice Hall International.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing. Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (Jilid I, Edisi ke-13). Erlangga.

Liem, L. (2019, Oktober). Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan layanan OVO di Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 3(1), E8–E8.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi (Edisi ke-3). Salemba Empat.

Maharani, A. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di Warung Bakso Pak Ratno [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta].

Marlius, D., & Noveliza, K. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk sepatu Converse pada Toko Babee. Shopp Padang. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 2(1), 255–268.

Marzuki. (2012). Metodologi riset. BPFE UII.

Novianti, L., & Sulistyo, L. (2021). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada smartphone made in China di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Jurnal Cafetaria, 2(2), 15–27.

Nugroho, S. (2019, November). Analisis perilaku konsumen dalam keputusan pembelian online melalui aplikasi TikTok (TikTok Shop) di Kota Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 7(1), E26–E26.

Prabowo, T. (2021). Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian buah di Pasar Induk Cibitung Bekasi. Jurnal Parameter, 6(2), 2716–1676.

Rasyadi, I. (2017). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat konsumen mobil Mitsubishi tipe Pajero (Kasus Dealer Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa FISIP Universitas Riau, 4, 13.

Sasangka, A. L. (2010). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian minuman energi (Studi kasus pada Extra Joss PT. Bintang Toedjoe Cabang Semarang) [Skripsi, Universitas Diponegoro].

Septiani, F. (2018). Pengaruh promosi dan produk terhadap minat beli (Pada PT. Asuransi Jiwa Recapital di Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 399–415.

Somad, R., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen komunikasi: Mengembangkan bisnis berorientasi pelanggan. Alfabeta.

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh digital marketing dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2).

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, A. N., & Erlina, N. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Laundry Bree Clean Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten, 4(2), 1–8.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan & penelitian. BPFE Yogyakarta.

Widjoyo, S. (2014). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Wiramawan, T. H., & Triwardhani, D. (2023). Pengaruh price, promotion, dan brand image terhadap keputusan pembelian (Studi kasus aplikasi konsumen McDonald's di Jakarta). Jurnal Ilmiah Metansi, 6(2), 242–252.

Wirawan. (2019). Evaluasi kinerja sumber daya manusia: Teori, aplikasi dan penelitian. Salemba Empat.

Yazid, I., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 305–314.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Muhammad Farizqi A.B., Mochamad Taufiq, & Sutopo Sutopo. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat pada PT. Citilink Cabang Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 3(2), 244–262. https://doi.org/10.61132/jepi.v3i2.1774

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.